Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Integrasikan Tiket KRL dan Transjakarta pada 2014

Kementerian Perhubungan menargetkan integrasi tiket commuter line (kereta rel listrik/KRL) dengan moda Transjakarta bisa terealisasi pada tahun 2014.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 31 Oktober 2013  |  20:51 WIB
Kemenhub Integrasikan Tiket KRL dan Transjakarta pada 2014

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Perhubungan menargetkan integrasi tiket commuter line (kereta rel listrik/KRL) dengan moda Transjakarta bisa terealisasi pada tahun 2014.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan penggabungan tiket antarmoda tersebut sangat memungkinkan dimulai tahun depan, seiring dengan ticketing KRL yang telah menggunakan sistem multitrip dan terhubung dengan beberapa bank.

"Sistem yang telah dijalankan KAI itu tinggal dipadukan dengan sistem Transjakarta," ucapnya, Kamis (31/10/2013).

Adapun, penggabungan tiket kedua moda itu merupakan bagian dari rencana jangka panjang Kemenhub dalam penciptaan integrasi antamoda di Tanah Air.

Susantono dalam kesempatan sebelumnya mengungkapkan jika Kemenhub tengah menyusun rencana strategis proyek jangka panjang sebagai landasan penciptaan transportasi multimoda dengan menggunakan aspek spasial dan aspek sektoral.

Dia menjelaskan strategi itu bakal menjadi solusi transportasi multimoda terintegrasi yang selama ini pengembangan transportasi masih cenderung bersifat sektoral serta kurangnya sinergitas antarmoda.

Menurutnya, Kemenhub bersama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) serta seluruh pihak terkait akan merumuskan pola pembangunan transportasi yang bersifat inklusif mencakup seluruh wilayah serta multisektoral.

"Dan yang paling utama itu adalah mewujudkan platform transportasi multimoda yang kuar, di mana MTI bisa berperan aktif dalam membangun sinergitas antrasektoral," paparnya.

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito optimistis integrasi tiket KRL dan Transjakarta bisa dilaksanakan setelah Pemprov DKI mengeluarkan kebijakan penjualan tiket Transjakarta tidak terbatas di Bank DKI.

"Sehingga pengintegrasiaannya [KRL dan Transjakarta] bisa digabungkan dalam satu tiket, seperti flash card," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket busway tiket krl harian berjaminan tiket elektronik krl
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top