Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cipta Karya Minta Pemda Siapkan SPAM Regional

Bisnis.com, JAKARTA—Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum  berharap pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dapat menyiapkan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional guna mengatasi problem penyediaan
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 06 September 2013  |  22:21 WIB
Cipta Karya Minta Pemda Siapkan SPAM Regional
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum  berharap pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dapat menyiapkan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional guna mengatasi problem penyediaan air baku.

Direktur Pengembangan Air Minum (PAM) Ditjen Cipta Karya Danny Sutjiono mengatakan Pembangunan SPAM regional merupakan solusi untuk mengatasi kurangnya ketersediaan air baku di beberapa kabupaten/kota.

“Tidak setiap pemerintah daerah memiliki sumber air baku, karena itu pemerintah pusat akan terus mendorong pemerintah daerah untuk membangun SPAM regional,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/9/2013).

Menurutnya, SPAM regional akan memudahkan pemerintah provinsi dalam penanganan konservasi daerah tangkapan air dan dalam manajemen pengelolaan sumber daya air baku.

Dia menjelaskan SPAM regional dapat dibangun atas kerja sama lintas-kabupaten/kota. Sementara itu, lanjutnya, pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah provinsi.

 “SPAM regional juga secara tidak langsung mampu meningkatkan kerja sama antar-pemerintah daerah dan mendukung kemajuan pembangunan. Makanya pemerintah pusat akan terus mendorong gubernur dan dinas provinsi terkait untuk mengambil inisiatif dan meningkatkan perannya,” paparnya.

Danny menyebutkan salah satu contoh SPAM regional yang saat ini sedang dibangun adalah SPAM Regional Wosusokas di Provinsi Jawa Tengah, yang daerah pelayanannya meliputi Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Kota Surakarta, Kabupaten Karanganyar, dan Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cipta karya
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top