Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kurangi Beban Pantura, PU Fokus Tangani Jalan Lintas Selatan

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memberikan perhatian serius terhadap penanganan jalan Lintas Pantai Selatan Jawa Timur guna mendukung pengembangan wilayah terkait, mengingat semakin padatnya arus kendaraan dari jalur Pantai Utara

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memberikan perhatian serius terhadap penanganan jalan Lintas Pantai Selatan Jawa Timur guna mendukung pengembangan wilayah terkait, mengingat semakin padatnya arus kendaraan dari jalur Pantai Utara Jawa.

Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan penanganan jalan Lintas Pantai Selatan Jawa Timur akan mengembangkan delapan kabupaten yaitu Pacitan, Trenggalek, Tulung Agung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Keberadaan infrastruktur jalan, lanjutnya, diperlukan untuk memaksimalkan potensi seluruh kabupaten tersebut di bidang pertanian, perkebunan, kelautan, industri, perikanan, dan pariwisata.

"Jalan dapat meminimalisir keterisolasian daerah-daerah tersebut," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/8/2013).

Dia menjelaskan penanganan jalan Pacitan-Sidumulyo-Hadiwarno telah dirintis sejak 1997 melalui penyusunan pra studi kelayakan. Proses tersebut dilanjutkan dengan pembuatan studi kelayakan, desain rencana detail, dan konstruksi pada 2008-2012.

Pembangunan jalan tersebut sempat menemui kendala pembebasan lahan yang mendorong Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto turun tangan langsung membantu proses pembebasan tanah.

"Tanah yang harus dibebaskan mencapai 742 hektar dengan dana pembebasan Rp36 miliar yang berasal dari APBD dan APBN pusat," jelas Djoko.

Sementara itu, Panitia Pembuat Komitmen (PPK) jalan Glonggong-Pacitan-Hadiwarno-Batas Trenggalek Agus Sutanto menjelaskan saat ini pihaknya juga menangani beberapa paket jalan di Pacitan.

Paket tersebut yaitu Glonggong-Pacitan 36,5 km, Ploso-Pacitan/Lingkar Pacitan 4,8 km, dan Hadiwarno-Batas Trenggalek 15 km.

Agus melanjutkan pembangunan Glonggong-Pacitan akan selesai pada akhir 2013. Saat ini pekerjaan hanya menyisakan penanganan 11 km.

Sementara itu, untuk ruas Ploso-Pacitan atau Lingkar Pacitan saat ini sedang proses lelang karena menggunakan dana APBN-Perubahan 2013 senilai Rp115 miliar.

“Jalan sepanjang 4,8 km tersebut nantinya juga akan dibangun dua jembatan masing-masing sepanjang 60 meter dan 250 meter,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper