Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

Bisnis.com, BREBES - Perbaikan jalan di Pejagan KM 93 ruas Brebes-Losari  dalam rangkaian penanganan jalur pantai Utara (Pantura) Jawa akan dihentikan sementara pada H-14 (14 hari sebelum Lebaran).

Jalan Ambles Brebes-Losari Kilometer 93

Indikator

Keterangan

Kerusakan

Ambles 2 kilometer

Perbaikan hinga h-14

Dicor 380 meter

Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto mengungkapkan salah satu dari tiga titik fokus penanganan jalur Pantura tersebut mengalami ambles yang parah sehingga akan segera dilakukan pengecoran.

"Jalan ini rendah, begitu hujan pasti terendam makin ambles tanahnya. Jadi setiap tahun makin ambles. Sehingga solusinya semua akan dinaikkan dan dibeton," ungkap Djoko ketika meninjau penanganan jalur pantura di Brebes, Selasa (16/7/2013).

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan mengecor jalan tersebut sepanjang 2 km. Namun mengingat sudah dekat waktu Lebaran, pengecoran sementara hanya akan dilakukan sepanjang 380 m pada 2 lajur ke arah Cirebon yang ditargetkan berhenti pada H-14.

"Pada 20-25 Juli perbaikan untuk sementara akan dihentikan. Pemerintah tidak mau mengganggu arus mudik sehingga nanti dihentikan sementara," terangnya.

Dia menjelaskan sebenarnya penanganan seluruh jalan di jalur pantura ditargetkan tanggal 15 Juli atau 3 minggu sebelum Lebaran. Namun, parahnya kerusakan di titik tersebut menyebabkan perbaikan membutuhkan waktu yang relatif lama.

"Ini tidak mungkin selesai tanggal 15 Juli, jadi kira-kira tanggal 20-25 Juli akan bisa kita selesaikan. Sudah fungsional," terangnya.

Sebelumnya, Djoko Murjanto menuturkan terdapat tiga titik fokus utama perbaikan jalan dan penanganan jalur pantura, yakni di daerah Subang, Indramayu, Jawa Barat yang mengalami kerusakan hanya pada salah satu lajurnya, lalu di Mangkang dan yang kerusakannya paling parah di Pejagan kilometer.

"Target kita tanggal 15 Juli kemarin. Tapi tinggal tiga titik ini yang kita harapkan selesai. H-14," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper