Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PINJAMAN BANK DUNIA: Dana JEDI US$1,9 juta Segera Dicairkan

BISNIS.COM,JAKARTA-Biro Perencanaan dan Kegiatan Luar Negeri Kementerian PU akan mencairkan pinjaman Bank Dunia senilai US$1,9 juta pada tahun ini untuk memulai program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 21 Mei 2013  |  17:32 WIB

BISNIS.COM,JAKARTA-Biro Perencanaan dan Kegiatan Luar Negeri Kementerian PU akan mencairkan pinjaman Bank Dunia senilai US$1,9 juta pada tahun ini untuk memulai program Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI).

Kepala Biro Perencanaan dan Kegiatan Luar Negeri Kementerian PU, Rido Matari Ichwan, mengatakan seiring dengan berjalannya proses tender maka proses pencairan pinjaman juga sudah berlaku.

"Dari 2012 sudah efektif sebenarnya, akan tetapi karena lelangnya sudah jalan berarti semakin dipersiapkan proses pencairannya," ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa (21/5/2013).

Dia menjelaskan meskipun proses lelang sempat terhenti karena ada sejumlah hal yang dipermasalahkan oleh Bank Dunia diantaranya tanah dan peserta tender yang merupakan BUMN. Namun melalui pembicaraan yang intensif, masalah tersebut bisa diselesaikan.

Adapun total pinjaman yang diberikan World Bank kepada Kementerian PU untuk proyek JEDI yakni 139,6 juta dolar yang akan diberikan secara bertahap dari tahun 2013-2017.

"Biasanya, pada awal tahun dicairkan 5% dari total pinjaman kemudian bertingkat di tahun berikutnya. Namun, karena pada periode tahun ini hanya menyisakan 4 bulan setelah pencairan loan maka dana yang diambil tidak lebih dari 2%".

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank dunia pinjaman jedi
Editor : Yodie Hardiyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top