Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEMACETAN JALAN TOL: BPJT Berdalih Tak Terkait Buruknya Pelayanan

BISNIS.COM, JAKARTA- -Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengaku sulit menetapkan kemacetan di jalan tol sebagai suatu bentuk tidak terpenuhinya standar pelayanan minimum.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 01 Mei 2013  |  20:32 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA- -Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengaku sulit menetapkan kemacetan di jalan tol sebagai suatu bentuk tidak terpenuhinya standar pelayanan minimum.

Hal itu disebabkan jika BPJT meminta operator jalan tol membatasi kendaraan yang masuk untuk menghindari kemacetan maka akan menyebabkan kemacetan di jalan arteri non tol. Seperti diketahui salah satu indikasi SPM ialah aksesibilitas yang mengatur kecepatan rata-rata di jalan 80-100 km per jam.

Kepala Badan Pemantauan dan Pengawasan BPJT Abraham Barus menjelaskan bisnis jalan tol juga mengandung resiko yakni jika suatu ruas tol mengalami kelebihan traffic dinilai sebagai keuntungan operator dan sebaliknya mengalami kerugian jika lalu lintas sepi.

"Traffic melebihi kapasitas tidak dapat dihindarkan itu bagian dari risiko dan keuntungan operator untuk pengembalian investasi. Jika membatasi maka di luar akan bertambah macet, yang penting ialah tidak macet seperti di luar tol," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Menurutnya lalu lintas tol dalam kota misalnya yang rata-rata sudah melebihi perhitungan bisnis menjadi suatu yang tidak dapat dihindari dan sulit dikategorikan tidak memenuhi SPM dari segi aksesibilitas.

"Kanci-Pejagan misalnya tidak sesuai rencana bisnis karena sepi. Untuk operasional saja mereka ngutang. Kanci-Pejagan akan untung kalau ruas tol trans jawa beroperasi," jelasnya.

Sekedar catatan beberapa syarat pemenuhan SPM ialah kondisi jalan tol, aksesibilitas yang mencakup kecepatan rata-rata, mobilitas penanganan lalu lintas, jaminan keselamatan melalui kecepatan penanganan kecelakaan, dan tersedianya fasilitas derek dan ambulans.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpjt standar pelayanan minimum kemacetan jalan tol jalan tol dalam kota
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top