Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terminal Bus Perlu Terapkan Standar Pelayanan Minimal

Kementerian Perhubungan dinilai perlu mendorong terminal-terminal bus antarkota antarprovinsi yang ada di Indonesia menerapkan standar pelayanan minimal yang sudah ada.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perhubungan dinilai perlu mendorong terminal-terminal bus antarkota antarprovinsi yang ada di Indonesia menerapkan standar pelayanan minimal yang sudah ada.

Akademisi Univerisitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan pemerintah sebenarnya sudah memiliki standar pelayanan minimal bagi terminal-terminal yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, dia berharap seluruh terminal penumpang bus tipe A yang ada di Indonesia menerapkan standar pelayanan minimal tersebut

Dia mengungkapkan, Terminal Tirtonadi, Solo merupakan salah satu terminal tipe A yang telah menerapkan standar pelayanan minimal tersebut. “Karena sudah ada SPM-nya [Standar pelayanan minimal], diharapkan semua terminal menerapkannya,” kata Djoko, Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Peralihan pengelolaan terminal tipe A dari daerah ke pusat, paparnya, menjadi momentum bagi Kemenhub untuk menerapkan standar pelayanan minimal tersebut. “Bisa secepatnya diterapkan,” katanya.

Untuk sekedar diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan standar pelayanan yang terdapat pada Terminal Tirtonadi, Solo menjadi standar pelayanan terminal bus di seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper