Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELABUHAN INDONESIA : Pelindo IV Targetkan Pendapatan Rp1,4 triliun

BISNIS.COM, MAKASSAR -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,4 triliun tahun ini, meningkat dari realisasi tahun lalu yang hanya mencapai Rp1,3 triliun.
Endot Briliantono
Endot Briliantono - Bisnis.com 14 Maret 2013  |  21:35 WIB

BISNIS.COM, MAKASSAR -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,4 triliun tahun ini, meningkat dari realisasi tahun lalu yang hanya mencapai Rp1,3 triliun.

Direktur Utama PT Pelindo IV Harry Sutanto mengatakan kenaikan target pendapatan tersebut mengacu pada realisasi tahun sebelumnya, yaitu tercapai 117% dari yang ditetapkan.

“Untuk mencapai target pendapatan tahun ini, ada beberapa upaya yang dipersiapkan, seperti pengintegrasian jalur kapal,” kata Harry di sela-sela Rapat Dinas PT Pelindo IV, Kamis (14/3/2013).

Dia menuturkan kebijakan tersebut akan mampu meningkatkan aktivitas bongkar muat hingga 15%, termasuk meminimalisir biaya operasional.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan investasi sebesar Rp774 miliar untuk pembangunan sejumlah infrastruktur pendukung, di antaranya perpanjangan dermaga hingga 150 meter serta pengadaan dan rehabilitasi peralatan pelabuhan.

Dia menambahkan upaya lain yang akan dilakukan yakni mengintensifkan kerja sama dengan sejumlah perusahaan pelayaran.

Harry menyebutkan tahun ini, pihaknya melalui PT Terminal Peti Kemas Makassar telah menandatangani nota kerja sama dengan PT Steel dan CME untuk menerapkan sistem pengiriman kargo secara langsung atau direct tanpa melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya maupun Tanjung Priok, Jakarta.

Optimalkan Konsep Pendulum Nusantara

Sementara itu, Harry mengatakan perseroan juga sudah mengalokasikan anggaran Rp150 miliar tahun ini, guna mengoptimalkan konsep pendulum nusantara. “Berdasarkan jadwal, konsep tersebut akan berjalan efektif pada 2014 mendatang,” ujarnya.

Dia mengungkapkan ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan sebelum konsep pendulum nusantara berjalan efektif tahun depan, di antaranya pendalaman kolam, pembangunan dermaga dan akses jalan.

Terkait pembangunan Makassar New Port, hingga kini pihaknya masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan untuk memanfaatkan lokasi pembangunan Makassar New Port.

Jika disetujui, maka proyek tersebut ditargetkan telah memasuki tahap lelang paling lambat Juli mendatang.

Namun, dia menegaskan konsep pendulum nusantara tidak akan mengganggu proyek Makassar New Port meskipun lokasinya diambil untuk pembangunan sejumlah fasilitas pendukung.

Harry beralasan, fungsi keduanya sama yakni untuk terminal kargo.

Adapun konsep pendulum nusantara bertujuan mendorong terbukanya rute pelayaran antara kawasan barat dan timur.

Dia menyebutkan ada enam pelabuhan yang ditetapkan untuk melayani rute pelayaran dan distribusi barang, di antaranya Belawan, Batam, Jakarta, Surabaya, Makassar dan Sorong. (wde/dot)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo pelindo iv makasar terminal kargo

Sumber : Wiwiek Dwi Endah

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top