Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hub Space 2024: Menhub Pamer Kinerja Selama 1 Dekade Pemerintahan Jokowi

Menhub Budi Karya Sumadi melaporkan sejumlah pencapaian sepanjang 1 dekade pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan sejumlah pencapaian sepanjang satu dekade pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Budi Karya mengatakan sepanjang 10 tahun, pihaknya menghadapi tantangan luar biasa salah satunya pandemi Covid-19. Namun pandemi tersebut dapat diatasi dengan baik, dan pembangunan transportasi dapat berjalan dengan baik.

“Kami melaporkan pembangunan 45 Proyek Strategis Nasional dengan 193 pembangunan dan rehabilitasi pelabuhan-pelabuhan dari ujung utara, selatan, barat dan timur Indonesia, semua kita lakukan,” kata Budi Karya dalam sambutan di Hub Space 2024, Jumat (6/9/2024).

Selain itu, Budi memaparkan pihaknya telah melakukan 91 pembangunan bandar udara baru dan rehabilitasinya. Kemudian telah diselesaikan pula 157 terminal-terminal di seluruh Indonesia.

Untuk sektor perkeretaapian, Budi Karya mengklaim telah menjalankan 80 program pembangunan sektor perkeretaapian yang mengefisiensikan perjalanan kereta. Salah satunya adalah pembangunan rel ganda.

“Pemerintah secara konsisten membangun kapal perintis dan kapal ternak untuk indonesia Timur. Membangun jembatan layang untuk ketinggian di Papua, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera,” jelasnya.

Kemudian, Budi juga memaparkan bahwa saat ini telah hadir berbagai alternatif moda transportasi modern yang ramah lingkungan, nyaman, cepat, dan terintegrasi seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), Whoosh dan Kereta Autonomus Rail Transit (ART) yang baru-baru ini digunakan bersama di Ibu Kota Nusantara.

“Kita mendapatkan apresiasi tidak hanya dari asean tetapi Timur Tengah dan Inggris yang mengatakan perbaikan angkutan massal perkotaan di Indonesia meningkat pesat,” imbuhnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper