Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia 2024

Berikut daftar terbaru 10 negara produsen nikel terbesar di dunia 2024
Daftar negara penghasil nikel terbesar di dunia. Ilustrasi pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa./JIBI-Nurul Hidayat
Daftar negara penghasil nikel terbesar di dunia. Ilustrasi pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Nikel merupakan salah satu komoditas tambang yang memiliki peran penting dalam industri global, terutama dalam produksi baja tahan karat dan baterai. Dengan permintaan yang terus meningkat, banyak negara berlomba menjadi penghasil nikel terbesar di dunia. Artikel ini akan membahas 10 negara penghasil nikel terbesar di dunia, yang menyumbang sebagian besar dari total produksi nikel global setiap tahunnya.

Nikel merupakan mineral logam yang memiliki peranan strategis dalam mendukung transisi energi. Nikel banyak digunakan untuk keperluan produksi baterai kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi terbarukan. International Energy Agency (IEA) pun memproyeksikan permintaan nikel akan meningkat hampir 30 kali lipat pada 2040 seiring berkembangnya industri baterai dan kendaraan listrik.

Berdasarkan laporan U.S. Geological Survey (USGS) 2024, sumber daya nikel di dunia diperkirakan mencapai lebih dari 350 juta ton. Sementara itu, cadangan nikel yang tersebar di seluruh dunia diperkirakan mencapai lebih dari 130 juta ton.

Produksi tambang nikel diperkirakan meningkat secara global dari 3,27 juta ton pada 2022 menjadi 3,6 juta ton pada 2023.

Negara Penghasil Nikel Terbesar di Dunia

Berikut daftar 10 negara produsen nikel terbesar di dunia:

1. Indonesia

Berdasarkan Rencana Pengelolaan Mineral dan Batubara Nasional Tahun 2022-2027, cadangan dan produksi nikel Indonesia berada di peringkat ke-1 di dunia atau setara dengan 23% cadangan dunia dan produksi 29% dari cadangan dunia.

Indonesia memiliki total sumber daya nikel sebesar 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam, dengan cadangan 5,2 miliar ton bijih dan 57 juta ton logam.

Indonesia juga masih menyimpan beberapa potensi nikel yang belum dieksplorasi (greenfield) yang dapat dikembangkan, seperti di Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

USGS memperkirakan produksi nikel Indonesia pada 2023 mencapai 1,8 juta ton, hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia.

2. Filipina

Filipina adalah salah satu produsen nikel terbesar di Asia dan dunia. Dengan tambang utama di pulau-pulau seperti Palawan dan Mindanao, Filipina memiliki cadangan nikel yang melimpah dan berperan penting dalam pasar global.

Berdasarkan data USGS, negara tetangga Indonesia ini diperkirakan memiliki cadangan nikel 4,8 juta ton. Produksi nikel Filipina pada 2023 berada di peringkat kedua terbesar di dunia sebanyak 400.000 ton.

3. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru menduduki peringkat ketiga produsen nikel terbesar secara global dengan volume 230.000 ton pada 2023. Posisi negara teritori Prancis dengan otonomi khusus ini menyalip Rusia yang sebelumnya berada di peringkat ketiga pada 2022.

USGS mencatat cadangan nikel Kaledonia Baru diestimasi mencapai 7,1 juta ton.

4. Rusia

Produksi nikel Rusia mengalami penurunan dari 222.000 ton pada 2022 menjadi 200.000 ton pada 2023. Penurunan produksi ini membuat Rusia tergeser ke posisi keempat produsen nikel terbesar di dunia.

USGS mengestimasi cadangan nikel Rusia mencapai 8,3 juta ton.

5. Kanada

Posisi kelima produsen nikel terbesar di dunia ditempati oleh Kanada dengan produksi mencapai 180.000 ton pada 2023. Produksi tersebut meningkat cukup signifikan dibandingkan produksi 2022 yang mencapai 143.000 ton.

Sementara itu, potensi cadangan nikel Kanada diperkirakan mencapai 2,2 juta ton.

6. Australia

Australia, negara penghasil nikel terbesar lainnya, mencatatkan produksi nikel 160.000 ton pada 2023. Produksi ini naik tipis dibandingkan produksi pada 2022 yang mencapai 155.000 ton.

Adapun, Negeri Kangguru ini diestimasikan memiliki cadangan nikel terbesar kedua di dunia setelah Indonesia, yakni sebesar 14 juta ton.

7. China

China menjadi salah satu pemain kunci dalam industri nikel. China merupakan produsen terkemuka di dunia untuk olahan nikel kelas dua nickel pig iron.

Menurut USGS, produksi nikel China pada 2023 mencapai 110.000 ton, turun dibandingkan produksi 2022 yang mencapai 114.000 ton. Produksi nikel China ini menempati posisi ketujuh terbesar di dunia.

Meski begitu, banyak perusahaan-perusahaan China yang berinvestasi membangun smelter nikel di Indonesia, seperti Tsingshan Group milik konglomerat Xiang Guangda di Morowali, Sulawesi Tengah dan Jiangsu Delong Nickel Industry Co milik taipan Dai Guofang di Morowali dan Konawe, Sulawesi Tenggara.

Adapun, cadangan nikel yang dimiliki China diperkirakan mencapai 4,2 juta ton.

8. Brasil

Brasil merupakan salah satu negara yang memiliki potensi cadangan nikel terbesar di dunia. Menurut data USGS, potensi cadangannya diperkirakan mencapai 16 juta ton atau nomor tiga setelah Indonesia dan Australia.

Namun, dari sisi produksi, posisi Brasil sangat jauh dibandingkan Indonesia. Produksi nikel Brasil hanya sebesar 89.000 ton pada 2023.

9. Kuba

Mengutip Mining Technology, produksi nikel di Kuba turun 2,5% menjadi 45.200 ton pada 2023 dari 46.400 ton pada 2022. Estimasi GlobalData menunjukkan produksi nikel Kuba diperkirakan akan meningkat menjadi 45.900 ton pada 2024 dan 46.100 ton pada 2025.

10. Negara lain

USGS mencatat produksi nikel dari berbagai negara lain secara total mencapai 380.000 ton. Sementara itu, cadangan nikel dari negara-negara lain secara total mencapai 9,1 juta ton.

Demikian informasi lengkap mengenai daftar negara penghasil nikel terbesar di dunia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper