Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutama Karya Kebut 2 Ruas JTTS, Rampung Tahun Depan!

Hutama Karya menargetkan dua konstruksi ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) tahap 2 rampung pertengahan 2025.
Salah satu jalan tol yang dikelola Hutama Karya - Dok. Hutama Karya
Salah satu jalan tol yang dikelola Hutama Karya - Dok. Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) atau HK menargetkan dua konstruksi ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) tahap 2 akan rampung pada pertengahan 2025 jika tak mengalami hambatan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan kedua ruas tersebut meliputi Jalan Tol Betung (Sp. Sekayu) – Tempino – Jambi Seksi 1A (Betung – Tungkal Jaya) dengan panjang 30,7 km, dan Seksi 4 (Interchange (IC) Tempino - IC Ness) sepanjang 18,5 km.

“Dengan bertambahnya dua ruas konstruksi ini maka urgensi pengembangan jalan tol ini akan mendukung terkoneksinya ruas-ruas backbone yang mengarahkan dari Sumatra Selatan menuju Riau hingga Jambi, sehingga akan memperkuat arus mobilitas baru,” jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/8/2024).

Lebih lanjut, Adjib menuturkan bahwa pembangunan dua ruas tol tersebut dapat mendukung konektivitas JTTS tahap 2 yang telah terlebih dahulu dimulai lewat proyek Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru.

Adapun, hingga akhir Juli 2024, progres konstruksi Jalan Tol Seksi 1A Betung – Tungkal Jaya sebesar 2,31% dengan progres pengadaan lahan mencapai 19,88%.

Kemudian, pada periode yang sama, progres fisik Jalan Tol Seksi 4 IC Tempino – IC Ness mencapai 13,4% dengan progres pengadaan lahan sebesar 98,02%.

Berdasarkan rencana struktur dan fasilitasnya, Jalan Tol Seksi 1A Betung – Tungkal Jaya akan dilengkapi dengan 2 Underpass, 9 Overpass, 2 Box Trafic, 52 Box Culvert, serta 1 Interchange. Selain itu, terdapat juga fasilitas pelayanan berupa 1 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tipe A dan 1 gerbang tol (IC Betung).

Sementara itu, untuk Jalan Tol Seksi 4 IC Tempino – IC Ness akan dilengkapi dengan 6 Underpass, 5 Overpass, 3 Box Traf ic, 36 Box Culvert, dan 1 Interchange. Fasilitas pelayanan mencakup 1 pasang TIP tipe A dan 1 gerbang tol (IC Ness).

“Hutama Karya optimis pembangunan ini dapat berjalan secara efisien dan sesuai dengan standar keselamatan,” pungkas Adjib.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper