Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Tol Rampung Akhir 2024, Jokowi: Balikpapan ke IKN Cuma 40 Menit

Jokowi memastikan Jalan Tol Akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung tak lama usai dirinya lengser, atau tepatnya pada akhir 2024.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Jalan Tol Akses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung tak lama usai dirinya lengser, atau tepatnya pada akhir 2024.

Jokowi menjelaskan, bila Jalan Tol IKN itu rampung sepenuhnya, maka akan menghemat waktu perjalanan dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN hanya menjadi 50 menit saja.

“Jalan Tol akhir tahun akan selesai sampai ke Nusantara. Yang sebelumnya kita kalau ke sini harus muter lewat Kecamatan Sepaku sampai sini [butuh] 2 jam lebih sedikit. Begitu tol selesai, nanti kira-kira dari Balikpapan ke Nusantara antara 40 - 50 menit,” kata Jokowi dalam seremoni groundbreaking investasi BCA di IKN, Senin (!2/8/2024). 

Jokowi menjelaskan, saat ini Tol Akses IKN baru difungsionalkan untuk menunjang mobilisasi para tamu undangan jelang pelaksanaan HUT RI ke-79 di IKN. 

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan proses fungsional tol tersebut bakal dilakukan hingga 18 Agustus 2024. 

“Kita sementara [fungsional] sampai terus 18 Agustus 2024 kita akan buka. Mulai dibuka [untuk] kirab lewat sana,” tuturnya saat ditemui di Kawasan Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Jumat (10/8/2024).

Danis menuturkan, selama fungsional Tol Akses IKN dipastikan akan dibuka 24 jam. Dirinya juga memastikan Kementerian PUPR akan mengawal secara penuh arus lalu lintas selama proses fungsional berlangsung.

Sebagai informasi, Jalan Bebas Hambatan Akses IKN akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara.

Sementara itu, berdasarkan catatan Bisnis, hingga akhir Juli 2024 konstruksi Tol IKN telah dilakukan pada 6 seksi. Princian progresnya yakni Seksi 3A Karangjoang - KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 81,15%, Seksi 3B KKT Kariangau - Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 91,53%, serta Seksi 5A Simpang Tempadung - Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km dengan progres 88,28%.  

Kemudian, Seksi 5B Jembatan Pulau Balang-Riko sepanjang 13,27 km dengan progres 23,54% dan  Seksi 6A Riko – Rencana Outer Ring Road IKN sepanjang 6,28 km dengan progres 31,68%.  Terakhir, Seksi 6B Rencana Outer Ring Road – Simpang 3 ITCI sepanjang 6,18 km dengan progres 35,18%. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper