Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Teken PP Pendanaan Penyediaan Infrastruktur, Ini Perinciannya

Jokowi menerbitkan PP No.79 Tahun 2024 tentang Pendanaan Penyediaan Infrastruktur Melalui Pengelolaan Perolehan Peningkatan Nilai Kawasan.
Presiden Joko Widodo meninjau Viewing Deck Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024). / Bisnis-Akbar Evandio
Presiden Joko Widodo meninjau Viewing Deck Kantor Presiden di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin (29/7/2024). / Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (PP) Nomor 79 Tahun 2024 tentang Pendanaan Penyediaan Infrastruktur Melalui Pengelolaan Perolehan Peningkatan Nilai Kawasan.

Dalam aturan tersebut, Jokowi membentuk alternatif pendanaan berbentuk Pengelolaan Perolehan Peningkatan Nilai Kawasan atau (P3NK).  

“Pengelolaan Perolehan Peningkatan Nilai Kawasan yang selanjutnya disingkat P3NK adalah alternatif pendanaan untuk Penyediaan Infrastruktur berbasis kewilayahan dan atau dalam radius koridor zonasi yang memungkinkan penyediaan infrastruktur untuk didanai dari proporsi peningkatan nilai atas dampak inisiatif penciptaan nilai yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan atau badan usaha yang diperoleh dari Penerima Manfaat serta hasil pengembangan kawasan,” bunyi beleid tersebut dikutip Senin (19/8/2024).

Pembentukan P3NK ini bertujuan menciptakan siklus nilai manfaat yang berkenaan dengan penyediaan infrastruktur yang terdiri dari penciptaan nilai, penangkapan nilai dan pendanaan nilai.

Adapun, sasaran dari pembentukan P3NK ini yakni, pertama terwujudnya penyelenggaraan pembangunan secara berkelanjutan dengan berdasarkan pada dokumen rencana tata ruang yang mampu menumbuhkan simpul ekonomi baru di sepanjang zona yang beririsan dengan penyediaan infrastruktur. 

Kedua, P3NK diharapkan dapat meningkatkan kuantitas, kualitas, hingga efisiensi layanan infrastruktur hingga meningkatkan nilai. Ketiga, terciptanya sumber pendanaan baru untuk mendanai penyediaan infrastruktur secara berkesinambungan. 

Keempat, mendorong terciptanya iklim investasi yang menarik, kondusif dan menjamin kepastian hukum. Kelima mendorong partisipasi Masyarakat dalam pendanaan penyediaan infrastruktur melalui berbagai prinsip yang telah ditentukan.

Terakhir, yakni terdorongnya kesadaran dan inisiatif dari Pemerintah Daerah dengan adanya potensi penyediaan infrastruktur melalui P3NK untuk menyelenggarakan penyediaan infrastruktur secara mandiri. 

Adapun, penyelenggaraan P3NK nantinya akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Kabupaten atau Kota untuk setiap P3NK di dalam wilayah administrasi Kabupaten/Kota terkait. Serta, akan dilaksanakan oleh Pemda Provinsi DKI Jakarta sehubungan dengan P3NK yang berlokasi di wilayah administrasi Jakarta.

Dengan demikian, kepala daerah nantinya akan diberikan sejumlah kewenangan dalam pelaksanaan P3NK. Beberapa di antaranya, diperkenankan untuk menyetujui studi kelayakan P3NK, menetapkan pengelola P3NK, menetapkan sumber dana P3NK dan delineasi Wilayah Tangkapan. 

Kemudian, menetapkan dana operasional dan sumber dana operasional pengelola P3NK, mengatur kelembagaan dan tata Kelola P3NK, serta menetapkan atau menyetujui distribusi pemberian dukungan pendanaan penyediaan infrastruktur yang dananya bersumber dari dana P3NK.

Di samping itu, kepala daerah juga akan diberikan kewenangan untuk menyetujui pemberian insentif dan disinsentif dalam kaitan pelaksanaan P3NK, mendapat laporan secara berkala, memfasilitas setiap konsultasi publik, memfasilitasi koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan dan terakhir memfasilitasi penyelesaian permasalahan strategis sehubungan dengan pelaksanaan P3NK.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper