Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita (WSKT) Rampungkan 64 Proyek Andalan Jokowi, Terbanyak Jalan Tol

Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) melaporkan telah merampungkan 64 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga periode Juli 2024. Berikut daftarnya.
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman
Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) melaporkan telah merampungkan 64 Proyek Strategis Nasional (PSN) hingga periode Juli 2024. Mayoritas PSN yang dikerjakan tersebut merupakan proyek jalan tol.

Direktur Utama Waskita Karya, Muhammad Hanugroho menyatakan, salah satu PSN yang baru saja dirampungkan oleh WSKT yakni proyek Jalan Tol Cimanggis – Cibitung.

“Proyek-proyek yang dikerjakan akan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian nasional. Apalagi, beberapa proyek PSN yang dikerjakan perusahaan bahkan sudah selesai, salah satunya seperti Tol Cimanggis-Cibitung yang baru saja diresmikan,” kata Muhammad dalam keterangan resmi, Senin (22/7/2024).

Lebih rinci, dia menjelaskan bahwa hingga Juli 2024 WSKT tengah mengerjakan sebanyak 83 PSN. Di mana, dari 64 PSN yang telah rampung 44 di antaranya merupakan proyek jalan tol seperti  Tol Serpong - Cinere, Pejagan - Pemalang, Pemalang - Batang, Batang - Semarang, Solo - Kertosono, hingga Pasuruan - Probolinggo.

Selanjutnya, WSKT mencatat telah merampungkan 8 proyek bendungan, mencakup Bendungan Tapin, Bendungan Way Sekampung, Bendungan Leuwikeris, Bendungan Margatiga serta Bendungan Tamef Paket 1.

Ada pula beberapa proyek infrastruktur lainnya yang telah rampung dibangun seperti SPAM Umbulan Regional Provinsi Jatim, Irigasi Tapin, juga Pengaman Pantai DKI Jakarta.

Sementara itu, WSKT saat ini masih menggarap sebanyak 19 PSN. Perinciannya, 8 di antaranya merupakan bendungan mencakup Bendungan Temef di Nusa Tenggara Timur dengan realisasi hampir 100% dan Bendungan Bener Paket II di Purworejo, Jawa Tengah, dengan progres hampir 50%.

Adapun, 4 proyek lainnya berupa jalan tol, yakni Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (KAPB) Paket II di Kampung Sembawa - Kampung Bom Berlian, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, dengan realisasi 35%.

“Selanjutnya, ada tujuh PSN infastruktur lain yang masih berjalan meliputi Jembatan Musi di Palembang yang kemajuan pembangunannya telah mencapai lebih dari 70%,” tambah Oho.

Dalam 9 tahun terakhir, WSKT mencatat telah mengerjakan Jalan Tol sepanjang 1.303 dari 2.800 Km jalan tol yang dibangun sejak 2014 hingga 2023. 

Dengan demikian, Waskita Grup tercatat telah memiliki 12 ruas Jalan tol yang tersebar di Pulau Jawa dan Sumatra. Ruas itu mencakup Kayu Agung – Palembang – Betung, Bekasi – Cawang – Kampung Melayu, Pemalang – Batang dan Pasuruan – Probolinggo.

Kemudian, Krian – Legundi – Bunder – Manyar, Bogor – Ciawi – Sukabumi, Cimanggis – Cibitung, Depok – Antasari, Cileunyi – Sumedang – Dawan, Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap, Yogyakarta - Bawen serta kuala Tanjung - Tebing Tinggi – Parapat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper