Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek saat HUT Jakarta, Tiru Tarif MRT dan TransJakarta Rp1?

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menjelaskan tarif LRT Jabodebek saat menyambut HUT Jakarta.
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintas di Jakarta, Sabtu (9/9/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintas di Jakarta, Sabtu (9/9/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara terkait persiapan moda LRT Jabodebek dalam melayani masyarakat pada HUT ke-497 Kota Jakarta, 22 Juni 2024.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menjelaskan, KAI belum memiliki rencana untuk memberlakukan tarif khusus dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Jakarta pada 22 Juni.

"Untuk seperti itu [tarif khusus] kami belum ada rencana memberlakukan ya," kata Mahendro saat dikonfirmasi pada Rabu (19/6/2024).

Dia melanjutkan, untuk memeriahkan HUT Kota Jakarta, KAI memilih untuk menghias stasiun-stasiun LRT serta rangkaian kereta. Kemudian, pada 22 Juni 2024, para petugas di stasiun akan memakai pakaian khas Betawi.

Selain itu, KAI juga mengadakan beberapa program menarik, seperti kegiatan pembagian jajanan khas Betawi kepada para pengguna LRT Jabodebek.

Secara terpisah, EVP LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi menjelaskan, pihaknya melayani 112.272 pengguna sepanjang periode libur panjang Iduladha pada 15-18 Juni 2024. Purnomosidi memperinci, pada 15 Juni jumlah pengguna jasa mencapai 28.759 pengguna, kemudian pada 16 Juni mencapai 21.874 pengguna.

Selanjutnya, pada 17 Juni LRT Jabodebek melayani 21.105 pengguna, serta pada 18 Juni mencapai 40.534 penumpang. Purnomosidi menuturkan, LRT Jabodebek menjadi transportasi yang andal dan efisien untuk melakukan perjalanan.

"Stasiun LRT Jabodebek terintegrasi dengan moda transportasi lain serta beberapa stasiun dekat dengan pusat hiburan, sehingga masyarakat menggunakan LRT Jabodebek untuk mengisi waktu liburnya," ujar Purnomosidi dalam keterangan resminya, Rabu (19/6/2024).

Selain itu singkatnya waktu tunggu antar kereta (headway) membuat LRT Jabodebek semakin diminati masyarakat. Purnomosidi menuturkan, saat ini waktu tunggu antar kereta LRT Jabodebek 5,5 menit pada jam sibuk (peak hour) di lintas Cawang - Dukuh Atas, dan 11 menit di lintas Jati Mulya - Cawang serta Harjamukti - Cawang.

LRT Jabodebek menyampaikan apresiasi kepada seluruh pengguna yang telah mempercayakan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi mereka selama libur panjang Iduladha.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan fasilitas guna memberikan kenyamanan dan keamanan terbaik bagi seluruh pengguna LRT Jabodebek," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan akan memberlakukan tarif khusus Rp1 untuk Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta dalam rangka HUT ke-497 Kota Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tarif khusus Rp1 ini berlaku selama 2 hari penuh pada 22-23 Juni 2024.

“Merayakan pertambahan usia Kota Jakarta, Pemprov DKI memberikan hadiah istimewa untuk warga yang ingin bepergian menggunakan transportasi publik hanya dikenakan tarif Rp1,” ujar Syafrin dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (19/6/2024).

Syafrin menuturkan, khusus Layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta lainnya dan Layanan Gratis bagi masyarakat tertentu tetap berlaku tarif Rp0 atau sesuai tarif awal berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 133 tahun 2018 tentang Pelayanan Transjakarta Gratis dan Bus Gratis Bagi Masyarakat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper