Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Utus Dua Keponakannya Bertemu Sri Mulyani, Kawal Transisi Ekonomi dan Keuangan

Prabowo mengutus dua keponakannya yakni Thomas Djiwandono maupun Budisatrio Djiwandono bertemu Sri Mulyani
Juru bicara pemenangan pemilihan umum (pemilu) 2024 dari Partai Gerindra Budi Djiwandono memberi keterangan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis-Erta Darwati.
Juru bicara pemenangan pemilihan umum (pemilu) 2024 dari Partai Gerindra Budi Djiwandono memberi keterangan di Medical Check Up (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis-Erta Darwati.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengutus sejumlah elite politisi Partai Gerindra untuk mengawal Gugus Tugas Sinkronisasi dengan pemerintahan saat ni yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Ketua Gugus Tugas Sinkronisasi itu dipimpin oleh Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani selaku Wakil Ketua. Kemudian, anggota gugus tugas yang membidangi ekonomi dan keuangan yaitu Thomas Djiwandono, Budisatrio Djiwandono, Sugiono dan Prasetyo Hadi. 

"Ini adalah tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintah Prabowo-Gibran, yang diminta oleh presiden terpilih untuk melakukan sinkronisasi dengan kementerian-kementerian untuk mempersiapkan proses pemerintahan Prabowo-Gibran setelah dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober," ujar Muzani di gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Jumat (31/5/2024). 

Untuk diketahui, Thomas Djiwandono maupun Budisatrio Djiwandono merupakan putra dari Soedrajad Djiwandono. Soedrajad merupakan mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) yang merupakan menantu dari Sumitro Djojohadikusumo, ayah Prabowo Subianto. 

Pada kesempatan tersebut, Thomas Djiwandono mengatakan bahwa sinkronisasi dengan pemerintahan Presiden Jokowi berjalan dengan baik salah satunya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Kemenkeu menjadi instansi pertama yang dikunjungi oleh 'tim transisi' pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming itu. 

Tommy, sapannya, mengucapkan terima kasih kepada Sri Mulyani. Dia menyebut koordinasi dengan Menteri Keuangan sudah berjalan sekitar dua bulan sebelumnya. 

"Kami sudah berhubungan secara intens mungkin dalam 2 bulan terakhir, dan hari ini adalah formalisasi dari proses tersebut," ujarnya. 

Bendahara Umum Gerindra yang juga pernah bekerja sebagai analis keuangan itu mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mengikuti segala siklus APBN yang sedang berlangsung. 

Seperti diketahui, RAPBN 2025 yang saat ini masih dibahas oleh Sri Mulyani dan jajarannya akan menjadi APBN yang dikelola oleh periode pertama pemeirntahan Prabowo. 

"Kami di gugus tugas sinkronisasi pak Prabowo dan mas Gibran berkomitmen untuk mengikuti segala siklus APBN yang sedang berlangsung dengan prinsip kehati-hatian fiskal," terangnya.

Adapun Sri Mulyani mengatakan pihaknya sangat terbuka untuk berkoordinasi dengan pemerintahan Prabowo-Gibran. Apalagi, kini Kemenkeu di bawah Sri Mulyani sudah membahas soal Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 atau untuk periode pertama pemerintahan baru. 

"Kami sangat berterima kasih menjadi institusi pertama yang dikunjungi gugus tugas sinkronisasi ini karena memang urgensi dari siklus anggaran menjadi prioritas yang sangat penting," ujarnya. 

Mantan pejabat Bank Dunia itu lalu menyampaikan bahwa Presiden Jokowi terus mendorong koordinasi dengan pihak Prabowo sebagai presiden terpilih. Pertemuan hari ini, lanjutnya, juga sudah disampaikan oleh Jokowi. 

"Kami semuanya di Kemenkeu siap untuk menjalankan dan menjaga APBN sebagai instrumen negara yang luar biasa penting bagi pemerintahan untuk bisa menjalankan program secara berkelanjutan," tutur Sri Mulyani. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper