Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Targetkan Serap 600.000 Ton Beras pada Musim Tanam Pertama

Perum Bulog tercatat sudah menyerap sebanyak 535.000 ton setara beras atau 1.050 juta ton setara gabah dari petani pada Musim Tanam (MT) I tahun ini.
Ilustrasi musim tanam atau MT padi/Istimewa
Ilustrasi musim tanam atau MT padi/Istimewa

Bisnis.com, KARAWANG - Perum Bulog menargetkan menyerap sebanyak kurang lebih 600.000 ton setara beras dari petani pada panen raya padi musim tanam (MT) I  2024.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menyampaikan, target tersebut sedikit lebih tinggi dibanding 2022, dan lebih rendah dibanding 2023. 

“Kami perkirakan sampai akhir pengadaan MT I kita bisa dapat lebih dari 600.000 ton setara beras,” kata Bayu di Sentra Penggilingan Padi Perum Bulog, Karawang, Jawa Barat, Senin (20/5/2024).

Hingga 19 Mei 2024, Perum Bulog tercatat sudah menyerap sebanyak 535.000 ton setara beras atau 1.050 juta ton setara gabah dari petani. Total 535.000 ton ini terdiri dari beras PSO (public service obligation/kewajiban pelayanan publik) dan komersial. 

Untuk panen raya padi MT II, menurutnya penyerapan oleh Perum Bulog akan sedikit lebih rendah dibanding MT I, lantaran panen yang dihasilkan biasanya lebih rendah. 

Bayu merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pada Juni 2024 defisit beras berpotensi terjadi sekitar 0,45 juta ton atau 450.000 ton. Dengan demikian, dia memperkirakan pada semester II/2024, pihaknya dapat menyerap sekitar 300.000 ton setara beras.

Sementara itu, stok cadangan beras pemerintah yang ada di gudang Bulog hingga saat ini mencapai 1,85 juta ton. Jumlah tersebut diprediksi mulai menurun minggu depan seiring berjalannya program bantuan pangan periode April hingga Juni 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyebut, stok beras nasional aman lantaran terdapat cadangan beras hingga 1,8 juta ton. Dengan demikian, dia memastikan bahwa ketersediaan beras jelang Hari Raya IdulAdha 1445 Hijriah terpenuhi.

Hal ini disampaikannya usai mengecek harga bahan pokok dan memberikan bantuan bagi para pedagang saat mengunjungi Pasar Sentral Lacaria, di Kabupaten Kolaka Utara, Selasa (14/5/2024). 

“Stok [beras] di bulog sekarang ini yang biasanya di bawah 1,2 juta ton, ini sudah 1,8 juta ton, sudah gede banget, jadi stok engga ada masalah,” katanya kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper