Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Cepat Whoosh Angkut 78.000 Penumpang Selama Long Weekend

KCIC mencatat telah melayani 78.000 penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau WHOOSH selama periode long weekend Hari Kenaikan Yesus Kristus.
Suasana di Stasiun KCIC Halim yang dipadati pemudik dari Bandung, Senin (15/4/2024). / BISNIS - Lukman Nur Hakim
Suasana di Stasiun KCIC Halim yang dipadati pemudik dari Bandung, Senin (15/4/2024). / BISNIS - Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat telah melayani 78.000 penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau WHOOSH selama periode long weekend Hari Kenaikan Yesus Kristus.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menyebut, jumlah penumpang tersebut tercatat selama 8-11 Mei 2024. Secara keseluruhan peningkatan penumpang Kereta Cepat WHOOSH mencapai 28% jika dibandingkan dengan hari biasa.

Menurutnya, pada periode libur long weekend kali ini, KCIC rata-rata melayani sebanyak 19.000-20.000 penumpang per hari. Eva mengatakan, jumlah penumpang harian telah meningkat dari biasanya di level 15.000-16.000 penumpang per hari.

Adapun pada 8-12 Mei 2024, kata Eva, KCIC mengoperasikan hingga 240 perjalanan Kereta Cepat WHOOSH atau 48 perjalanan setiap harinya. 

"Seluruh perjalanan Whoosh pada periode libur panjang akhir pekan ini berjalan lancar, aman, dan tanpa kendala," ujar Eva dalam keterangan resmi, Minggu (12/5/2024).

Eva pun menyebut, jumlah penumpang tertinggi secara keseluruhan terjadi pada tanggal 8 dan 9 Mei 2024 yaitu lebih dari 20.000 penumpang per hari yang menggunakan WHOOSH.

Sementara puncak keberangkatan penumpang dari Stasiun Halim terjadi pada 9 Mei 2024 sekitar 12.000 penumpang atau naik 22% dibanding hari biasa.

Adapun, untuk perjalanan hari ini, Minggu (12/5), Eva menyebut, jumlah tiket sementara yang telah terjual hingga pagi hari mencapai 13.0000 tiket. Para penumpang didominasi melakukan perjalanan dari Padalarang maupun Tegalluar menuju Halim.

Eva optimistis, jumlah penumpang WHOOSH masih akan mengalami peningkatan, mengingat penjualan tiket hingga kereta terakhir masih berlangsung.

"Banyak penumpang yang memanfaatkan WHOOSH karena menawarkan perjalanan yang efisien dan nyaman sehingga waktu liburan tidak habis diperjalanan," ujarnya.

Bahkan, KCIC memprediksi volume penumpang masih akan tinggi hingga Senin pagi (13/5) khususnya untuk relasi menuju Stasiun Halim.

Adapun, jadwal WHOOSH yang menjadi favorit masyarakat dari Tegalluar dan Padalarang menuju Halim tersebut yaitu mulai keberangkatan pukul 11.00 hingga pukul 17.00 dimana okupansinya sudah berada di atas 85%. 

"Di hari terakhir libur panjang ini akan banyak yang memanfaatkan WHOOSH untuk Kembali ke Jakarta sebelum kembali bekerja di Senin 13 Mei 2024," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper