Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Mulai Ngebor Blok Agung I & II pada 2026

Raksasa migas Inggris, British Petroleum (BP), dijadwalkan mulai melakukan pengeboran di Blok Agung I dan II pada 2026.
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas
Platform migas lepas pantai. Istimewa/SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan bahwa ekplorasi yang dilakukan perusahaan minyak dan gas (migas) Inggris, British Petroleum (BP) di Blok Agung masih berjalan.

Pada tahun 2021, BP resmi meneken dua kontrak kerja bagi hasil atau production sharing contract (PSC) untuk dua wilayah kerja (WK), yaitu Blok Agung I dan Blok Agung II.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro mengatakan, progres di WK Agung baru saja menyelesaikan studi seismik.

“WK Agung saat ini baru saja menyelesaikan seismik, saat ini sedang di evaluasi hasilnya,” kata Hudi saat dihubungi, Senin (6/5/2024).

Hudi pun menyebut, setelah menyelesaikan studi seismik, nantinya bakal dilakukan proses interpretasi terhadap blok yang berada di WK Agung. “Saat ini pengeboran dijadwalkan di tahun 2026,” ujarnya.

Adapun, Blok Agung I berlokasi di lepas pantai Bali dan Jawa Timur dengan perkiraan sumber daya atau recoverable resources mencapai 985 miliar kaki kubik (billion cubic feet/Bcf).

Sementara itu, Blok Agung II berlokasi di lepas pantai Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur dengan perkiraan sumber daya mencapai 16,5 triliun kaki kubik (trillion cubic feet/Tcf).

Adapun, Blok Agung I itu dimenangkan BP Agung I Limited dengan nilai tanda tangan bonus atau signature bonus sebesar US$100.000. Sementara komitmen pasti 3 tahun dipatok sekitar US$2,5 juta dengan rencana kerja G&G dan seismik 2D 2.000 kilometer untuk mengelola blok sepanjang 6.656,73 kilometer persegi tersebut.

Di sisi lain, Blok Agung II dikelola BP Agung II Limited dengan nilai tanda tangan bonus mencapai US$100.000 dan komitmen pasti mencapai US$1,5 juta dalam kurun 3 tahun kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper