Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Tambah Pasokan 14,4 juta Tabung LPG 3 Kg, H+3 Lebaran

Pertamina Patra Niaga menambah pasokan LPG 3 Kg sebanyak 14.4 juta tabung atau setara 43 ribu Metrik Ton (MT).
Petugas melakukan tahap pengisian LPG pada tabung gas 3kg di SPBE Srengseng, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Petugas melakukan tahap pengisian LPG pada tabung gas 3kg di SPBE Srengseng, Jakarta, Senin (1/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina melalui anak usahanya Pertamina Patra Niaga, telah menambah pasokan LPG 3 Kg sebanyak 14.4 juta tabung atau setara 43 ribu Metrik Ton (MT) di seluruh wilayah di Indonesia selama ramadan hingga H+3 Idulfitri 2024.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan tambahan pasokan LPG 3 kg ini dilakukan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat pada rangkaian Idulfitri 2024.

"Stok di Agen dan Pangkalan resmi LPG 3kg terpantau aman. Untuk itu kami menghimbau masyarakat membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi agar mendapatkan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan Pemda. Jika di pengecer, tentu lebih mahal," kata Ega dalam keteranganya, Senin (15/4/2024).

Di sisi lain, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan bahwa penambahan stok LPG 3 kg aman untuk waktu di atas 15 hari. 

Kehandalan stok mulai dari SPBE hingga Agen dan Pangkalan adalah salah satu cara mengantisipasi lonjakan kebutuhan LPG 3 kg hingga masa libur Lebaran selesai.

Memahami kondisi libur, Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 5.027 agen siaga dan pangkalan siaga yang tetap beroperasi saat libur untuk melayani masyarakat.

“Kita terus monitor penambahan alokasi LPG 3 Kg ke daerah yang memang membutuhkan, dan tim lapangan terus melakukan pengecekan berkala di agen dan pangkalan siaga kami,” ujar Irto.

Adapun, PT Pertamina Patra Niaga menambah pasokan liquefied petroleum gas (LPG) 3 kilogram (kg) sebanyak 22.087 ton atau setara dengan 7,36 juta tabung.

Irto Ginting mengatakan tambahan pasokan LPG 3 kg dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat seiring Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. 

“Penambahan alokasi LPG 3 kg diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada RAFI 2024. Penambahan juga dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran,” kata Irto.

Terhitung kuota LPG 3 kg dari 19 Maret hingga 7 April sebanyak 430.867 ton. Adapun, realisasinya pada periode tersebut sudah mencapai 452.954 ton atau melampaui 5,1% dari kuota.

Irto menambahkan, pihaknya terus memantau kebutuhan LPG 3 kg hingga masa libur Lebaran selesai. Pertamina Patra Niaga memastikan stok LPG 3 kg aman berada di level 14-15 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper