Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ID Food Pastikan Stok Gula Konsumsi Selama dan Setelah Lebaran Aman dan Terkendali

Holding BUMN Pangan, ID Food, memastikan stok gula konsumsi aman dan terkendali selama dan setelah periode Lebaran 2024.
ID Food Pastikan Stok Gula Konsumsi Selama dan Setelah Lebaran Aman dan Terkendali. Pedagang mengemas gula pasir di Pasar Minggu, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani
ID Food Pastikan Stok Gula Konsumsi Selama dan Setelah Lebaran Aman dan Terkendali. Pedagang mengemas gula pasir di Pasar Minggu, Jakarta. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Holding BUMN Pangan, ID Food, memastikan stok gula konsumsi aman dan terkendali selama dan setelah periode Lebaran 2024.

Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan menyampaikan, pihaknya telah melakukan serangkaian persiapan sejak awal tahun untuk menjaga stabilisasi stok dan harga pangan saat Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN).

“Untuk gula konsumsi stok selama dan setelah Lebaran tahun ini aman dan terkendali,” kata Frans dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (12/4/2024).

Pada HBKN puasa dan Idulfitri ini, Frans menyebut ID Food memiliki stok gula sebesar 67.500 ton. Stok tersebut merupakan hasil produksi sendiri dan pengadaan luar negeri.

“Kita lakukan optimalisasi stok CPP [cadangan pangan pemerintah] gula yang saat ini dimiliki ID Food dengan melakukan pendistribusian kepada masyarakat untuk memenuhi permintaan yang melonjak pada momen Idulfitri dan setelahnya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk komoditas lain yang dikelola ID Food seperti minyak goreng, daging sapi, daging ayam, telur ayam, ikan, dan garam konsumsi, Frans memastikan stok aman dan mencukupi.

Hingga awal April 2024, ID Food telah mendistribusikan minyak goreng sebanyak 9,5 juta liter di 24 provinsi. Angka tersebut merupakan jumlah total pendistribusian sejak Januari 2024 yang dilakukan 3 anak perusahaan ID Food di sektor perdagangan dan distribusi, yaitu PT Perusahan Perdagangan Indonesia (PPI), PT Rajawali Nusindo, dan PT GIEB Indonesia. 

Khusus untuk menghadapi HBKN Idulfitri tahun ini, ID Food menyiapkan dan mendistribusikan 5,1 juta liter minyak goreng selama periode Maret-April 2024.

Selanjutnya, untuk komoditas daging sapi, ID Food melalui PT Berdikari mendorong pendistribusian stok melalui pasar murah serta outlet Gerai Daging Berdikari secara daring maupun luring. 

Selama HBKN, Berdikari menyediakan paket daging sapi dalam bentuk parting (bagian-bagian tertentu) dengan harga terjangkau. Dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan daging sapi dengan berbagai varian dan harga.

Lebih lanjut Frans menyampaikan, pemerintah kembali menyalurkan bantuan pangan penanganan stunting di tengah bulan Ramadan. Program ini kata dia bertujuan untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga komoditas telur dan daging ayam.

Selain itu program ini juga dapat menjadi stabilisator bagi harga telur dan daging ayam di tingkat peternak mandiri kecil, serta diharapkan juga berdampak pada stabilisasi di tingkat konsumen.

Untuk komoditas ikan, ID Food melalui PT Perikanan Indonesia sejak minggu keempat Maret 2024 telah menyiapkan stok sekitar 1.300 ton yang tersimpan di 12 cabang dan 21 unit perwakilan wilayah yang tersebar di sejumlah titik di Indonesia.

Stok tersebut meliputi ketersediaan ikan konsumsi harian rumah tangga, seperti Tongkol, Gurita, Kembung, Layang, Deho, Salem, Cakalang, Baby Tuna dan Bandeng.

Frans mengatakan, momen musim panen ikan masih berlangsung hingga saat ini. Oleh karena itu, stok ikan dipastikan aman untuk memenuhi permintaan Lebaran yang meningkat di kisaran 20%-30% dibanding bulan sebelumnya.

Terakhir, untuk stok garam konsumsi, ID Food melalui PT Garam memiliki stok sebanyak 227.000 ton sampai dengan awal April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper