Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalintim Macet 12 Km, HK Pastikan Tak Berdampak di Tol Sumatra

PT Hutama Karya memastikan kemacetan panjang mencapai 12 km di Jalan Lintas Sumatra pada arus mudik Lebaran 2024 tidak terjadi di Jalan Tol Trans Sumatra.
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) atau HK memastikan kemacetan panjang mencapai 12 kilometer (Km) di Jalan Lintas Sumatra (Jalintim) pada arus mudik Lebaran 2024 tidak terjadi di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menuturkan bahwa kemacetan di Jalintim juga dipastikan tak berdampak pada lalu lintas di jaringan tol Sumatra 

"Hal tersebut tidak berdampak di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)," jelas Adjib kepada Bisnis, dikutip Minggu (7/4/024).

Adjib menyebut, selama arus Mudik Lebaran tahun 2024 memang terjadi lonjakan trafik kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), namun kondisi lalu lintas jalan tol masih aman terkendali, terpantau ramai lancar.

Di mana, pada periode puncak arus mudik di 6 - 7 April 2024 volume lalu lintas (VLL) kendaraan di ruas Tol Trans Sumatra tercatat tembus 197.440 kendaraan.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan signifikan sekitar 44% dari VLL Normal. 

"Peningkatan ini mencerminkan terjadinya mobilitas dan kegiatan perjalanan yang tinggi selama arus Mudik Lebaran di JTTS," tambahnya.

Adapun, secara lebih rinci, total 197.440 kendaraan yang melintas tersebut merupakan akumulasi dari 8 ruas jaringan Tol Trans Sumatra yang telah beroperasi sebagai berikut:

1. Kendaraan yang melintasi Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung (Terpeka) : 49.558 Kendaraan atau meningkat  92% dari VLL normal.

2. Kendaraan yang melintasi Tol Palembang - Prabumulih (Palindra & Inprabu) : 38.325 Kendaraan atau meningkat 59% dari VLL normal.

3. Kendaraan yang melintasi Tol Bengkulu - Taba Penanjung (Bengtaba) : 2.976 kendaraan atau meningkat 6.6% dari VLL normal.

4. Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang) : 7.175 kendaraan atau meningkat 6.8% dari VLL normal.

5. Kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) : 39.792 kendaraan atau meningkat 29.10% dari VLL normal. 

6. Kendaraan yang melintasi Tol Indrapura - Lima Puluh (Inkis) : 19.399 kendaraan atau lebih tinggi 19% dari VLL normal. 

7. Kendaraan yang melintasi Tol Binjai – Tanjung Pura (Binsa) : 26.217 kendaraan atau meningkat 39% dari VLL normal.

8. Kendaraan yang melintasi Tol Sigli - Banda Aceh (Seulimeum - Baitussalam) (Sibanceh) : 8.179 kendaraan atau meningkat 31% dari VLL normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper