Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik Kereta Api Hari Ini, Okupansi Stasiun Gambir Tembus 100%

KAI menyebutkan jumlah penumpang dari Stasiun Gambir mencapai 19.192 kursi yang terjual dengan okupansi tembus 100% untuk hari ini, Sabtu (6/4/2024).
Pemudik dengan angkutan kereta api mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024) - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa	.
Pemudik dengan angkutan kereta api mulai memadati Stasiun Gambir, Jakarta pada arus mudik Lebaran 2024, Sabtu (6/4/2024) - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa .

Bisnis.com, JAKARTA - Hilir mudik penumpang kereta api di Stasiun Gambir Jakarta semakin ramai dipenuhi pemudik dengan barang bawaan menumpuk. Keramaian baru mulai terasa sesak sejak pukul 10.30 WIB siang ini. 

Berdasarkan pantauan Bisnis di Stasiun Gambir, Sabtu (6/4/2024) pemudik memadati kursi ruang tunggu hingga mengantre di gerbang keberangkatan menunggu kereta api tujuan tiba.

Laporan dari KAI menyebutkan jumlah penumpang dari Stasiun Gambir mencapai 19.192 kursi yang terjual dengan okupansi tembus 100% untuk hari ini. Adapun, jumlah rangkaian kereta yang berangkat sebanyak 41 KAJJ.

PT KAI mencatat hari ini merupakan awal dari puncak arus mudik yang ditandai dengan peningkatan penumpang dari hari sebelumnya sebanyak 18.556 pemudik.

Auliya (26) yang merupakan perantau dari Cirebon mengaku sengaja memilih hari ini untuk pulang ke kampung halaman. Dia tak mengetahui bahwa hari ini merupakan puncak arus mudik kereta api dimulai.

"Hari ini karena kan baru beres kerja kemarin, terus Alhamdulillah dapat tiket juga hari ini. Waktu itu ikut war tiket kereta, dapatnya hari ini untuk 1 tiket, sesuai keinginan," kata Aulia saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (6/4/2024). 

Dia memilih untuk menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ) karena lebih nyaman dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya. Meskipun butuh perjuangan saat pembelian tiket, dia puas dengan tiket yang diperoleh.

Mudik dengan kereta api juga bukan pertama bagi Aulia. Di tahun sebelumnya, dia pun memilih KA dari Stasiun Gambir untuk pulang ke kampung halaman.

"Lebih nyaman sih, gak ribet di jalan juga, pelayanannya juga bagus di dalam. Semoga ke depannya tetap kaya gini, kalau bisa ditambah kursinya, supaya gak perlu war tiket," ujarnya.

Di sisi lain, Randi (34) datang ke Stasiun Gambir bersama istri dan anaknya. Dia juga menilai kereta api sebagai moda angkutan mudik paling aman untuk berpergian bersama keluarga kecilnya. 

Adapun, Randi baru mendapatkan tiket KA KLB tambahan rute Gambir-Yogyakarta yang disediakan KAI untuk jadwal keberangkatan 6-16 April 2024 lantaran menjadi rute favorit penumpang di masa mudik 2024.

"Kemarin KAI buka lagi saya lihat ke Yogyakarta ada tambahan perjalanan. Tadinya pasrah naik angkutan bus saja, tapi dapat 3 kursi untuk istri dan anak juga," ujarnya.

Sebelumnya diketahui, VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan tiket telah dijual mulai 5 April 2024 melalui aplikasi Access by KAI dan seluruh channel penjualan tiket KA lainnya.

“Penambahan perjalanan kereta api ini guna mengakomodasi masyarakat yang belum mendapatkan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2024 pada relasi favorit Jakarta – Yogyakarta dan sebaliknya,” kata Joni, dikutip Sabtu (8/4/2024).

Adapun, KA KLB Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta untuk tanggal 6 hingga 16 April 2024 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 12.45 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 20.25 WIB.

Sementara itu, KA KLB Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir untuk tanggal 6 hingga 16 April 2024 dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 23.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.10 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper