Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi Tol Bocimi Longsor, 3 Mobil Jadi Korban

Waskita Toll Road melaporkan terdapat 3 kendaraan yang terlibat kecelakaan pada peristiwa longsor Tol Bocimi, Rabu (3/4/2024).
Jalan Tol Bocimi Longsor pada Rabu (3/4/2024) - Istimewa
Jalan Tol Bocimi Longsor pada Rabu (3/4/2024) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku pemegang konsesi Jalan Tol Bogor - Ciawi - Sukabumi atau Tol Bocimi mengungkapkan terdapat 3 kendaraan yang terlibat kecelakaan pada peristiwa longsor Tol Bocimi.

Dalam laporannya, kecelakaan lalu lintas tersebut melibatkan 2 mobil MPV (multi purpose vehicle) dan 1 truk. Di mana 1 mobil MPV jatuh terperosok ke lubang longsor.

Sementara itu, 1 truk dan 1 mobil MPV lainnya dilaporkan menabrak median jalan tol karena berusaha menghindari ceruk longsor yang terjadi di KM 64+600 A.

"Ketiga kendaraan tersebut melaju dari arah Jakarta menuju Sukabumi dengan kecepatan ± 80 KM/Jam di lajur 1, ketika melintasi KM 64+600 A tiba-tiba lajur 1 mengalami longsor," ujar manajemen TJT dalam keterangan resminya, Kamis (4/4/2024).

Dilaporkan bahwa kejadian tersebut terjadi pada pukul 20.00 WIB, PT TJT segera mengambil tindakan dengan berkoordinasi bersama pihak kepolisian untuk melakukan evakuasi serta pengaturan lalu lintas. 

Saat ini TJT masih dalam proses mengidentifikasi dampak akibat longsor atas lajur lainnya dan melakukan tindakan agar lajur yang longsor dapat segera diperbaiki dan digunakan kembali.

Hingga saat ini manajemen TJT menginformasikan bahwa kejadian longsor di Tol Bocimi tersebut diduga disebabkan kondisi force majeure alam, akibat tingginya intensitas hujan. 

"Sehubungan dengan kejadian ini, TJT memohon maaf atas ketidaknyamanannya kepada seluruh pengguna jalan," pungkas manajemen TJT.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir, menyatakan tengah dilakukan upaya penanganan perbaikan sementara pada ruas Tol Bocimi yang longsor.

Munir menegaskan, perbaikan sementara ini ditargetkan dapat rampung secepatnya guna mendukung lalu lintas pada saat mudik Lebaran. Sementara itu, perbaikan permanen di Tol Bocimi baru akan dilakukan usai Llebaran 2024.

"Untuk penanganan permanennya akan dilaksanakan setelah libur Lebaran," jelas Munir.

Sebagai informasi, ruas Tol Bocimi yang longsor tersebut belum genap setahun diresmikan. Di mana, ruas itu secara resmi dibuka untuk umum per 7 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper