Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAMRI Mau Tambah Bus Sleeper Trans Jawa, Siap Beli 10 Double Decker!

DAMRI berencana menambah layanan bus sleeper rute Trans Jawa dengan membeli 10 unit double decker.
Bus Damri. /DAMRI
Bus Damri. /DAMRI

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Umum (Perum) DAMRI berencana untuk menambah rute dan armada bus kelas sleeper pada tahun ini.

Corporate Secretary DAMRI Chrystian R. M. Pohan menuturkan, guna memperluas layanan bus sleeper, perusahaan berencana untuk menambah sekitar 10 unit bus tipe double decker. Pohan belum dapat memperinci besaran investasi yang akan dikeluarkan karena pembelian tersebut belum masuk tahap closing.

“Untuk bus sleeper akan kami tambah rute dan juga armadanya. Saat ini masih ke proses penyiapan armadanya dulu,” jelas Pohan dalam media briefing di Jakarta, dikutip Selasa (26/3/2024).

Pohan menuturkan, perusahaan juga tengah mengkaji rute-rute yang akan dilayani oleh bus sleeper ini. Salah satu titik potensial layanan bus kelas ini adalah memperluas rute pada jalur Trans Jawa.

Dia mengatakan, layanan bus sleeper eksisting saat ini melayani dua rute di jalur Trans Jawa, yakni Jakarta-Malang dan Jakarta-Surabaya. Jalur lain yang tengah dipertimbangkan oleh perusahaan adalah wilayah Lampung.

Pohan menuturkan, pembukaan rute baru untuk bus sleeper ini ditargetkan terealisasi pada akhir 2024 ini.

“Mungkin targetnya sama seperti tahun lalu, kami launching [bus sleeper] Desember 2023. Mungkin tahun ini sekitar November-Desember kami launch rute-rute barunya,” kata Pohan.

Adapun, dia juga menyebut animo masyarakat terhadap bus sleeper ini cukup positif. Menurut Pohan, tingkat keterisian layanan sleeper ini cenderung naik terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Dia juga mengatakan, layanan sleeper DAMRI juga memiliki harga yang kompetitif dibandingkan dengan operator bus lainnya.

Sebelumnya, DAMRI telah merilis layanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan tipe bus Double Decker untuk rute Jakarta – Malang dan Jakarta – Surabaya.

Pohan menyampaikan jenis layanan ini berlaku tarif spesial sebesar Rp595.000 untuk kelas Sleeper Seat dan Rp495.000 untuk kelas Royal Class dengan rute Jakarta – Malang (PP), sedangkan Rp580.000 untuk Sleeper Seat dan Rp480.000 untuk Royal Class dengan rute Jakarta – Surabaya (PP).  

“Untuk pembelian tiket, pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui DAMRI apps ataupun dengan mengunjungi Pool DAMRI Kemayoran atau Kantor Pemasaran DAMRI Malang menggunakan metode pembayaran non-tunai via QRIS, E-money, Debit Card ataupun kartu kredit,” terangnya melalui keterangan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper