Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Siap Buka Lagi Rute Internasional di Bandara SMB II

PT Angkasa Pura II menyatakan kesiapannya untuk membuka kembali pelayanan penerbangan internasional Bandara SMB II di Palembang.
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) di Palembang./ Dok. AP II
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) di Palembang./ Dok. AP II

Bisnis.com, PALEMBANG - PT Angkasa Pura II (AP II) menyatakan kesiapannya untuk membuka kembali pelayanan penerbangan internasional di beberapa bandara, salah satunya adalah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) di Palembang.

Executive General Manager Bandara SMB II Iwan Winaya Mahdar mengatakan, saat ini Bandara SMB II belum kembali melayani rute internasional secara reguler. Hal tersebut karena belum dicabutnya pembatasan titik masuk (entry point) perjalanan luar negeri yang diberlakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak pandemi Covid-19.

“Belum ada lagi sejak pandemi selesai. Entry point yang ditutup ini bukan hanya di SMB II, beberapa bandara lain juga belum melayani lagi rute internasional,” kata Iwan saat ditemui di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Iwan menuturkan, permintaan atau demand masyarakat sekitar terhadap rute internasional sebenarnya cukup baik. Dia menuturkan, Bandara SMB II rata-rata melayani sekitar 250.000 penumpang rute internasional per tahun sebelum pandemi melanda.

Dia melanjutkan, Bandara SMB II melayani penerbangan internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura yang dioperasikan beberapa maskapai, di antaranya AirAsia, Lion Air, dan Tiger Airlines.

Iwan mengatakan Bandara SMB II juga telah siap 90% untuk kembali melayani rute internasional. Hal ini mengingat seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung penerbangan internasional telah dibangun dan tersedia di bandara tersebut.

Kedepannya, dia berharap Kemenhub dapat segera mencabut pembatasan entry point perjalanan rute internasional di Bandara SMB II secepatnya. Dia menuturkan, Pemprov Sumatra Selatan juga telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat terkait reaktivasi rute internasional ini.

“Kalau [rute internasional] dibuka lagi, pasti trafik penumpang akan lebih meningkat. Apalagi, demandnya juga ada dan cukup baik,” kata Iwan.

Sebelumnya aktivasi penerbangan internasional dengan rute Palembang-Malaysia dan sebaliknya diisukan buka pada April 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatra Selatan (Disbudpar Sumsel) Aufa Syahrizal mengakui belum dapat memastikan realisasi rencana tersebut.

“Saya sempat menyatakan itu (pembukaan) karena memang pernah disampaikan langsung oleh maskapainya pada saat Rapat Kerja Nasional di Jakarta. Tapi kita punya regulasi yang harus diikuti,” ungkapnya.

Dia menjelaskan terdapat dua maskapai yang sempat melemparkan wacana pembukaan penerbangan langsung dari Palembang menuju Malaysia dan juga sebaliknya lantaran melihat tingkat ketersediaan penumpang (load factor) yang cukup tinggi.

“Memang ada maskapai yang berencana membuka [penerbangan internasional] untuk menekan cost. Karena selama ini transit melalui Jakarta, cost-nya lebih tinggi,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper