Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Utang Pemerintah Capai Rp8.253 Triliun, Fitch Pertahankan Rating BBB dengan Outlook Stabil

Utang pemerintah yang mencapai Rp8.253,09 triliun per Januari 2024 dan tertinggi sepanjang massa diganjar rating BBB oleh lembaga Fitch dengan outlook stabil.
Karyawan mencari informasi terkait Obligasi Negara Ritel (ORI) di Jakarta. Bisnis/Nurul Hidayat
Karyawan mencari informasi terkait Obligasi Negara Ritel (ORI) di Jakarta. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Lembaga Pemeringkat Fitch mencatat adanya tantangan bagi Indonesia, di saat Fitch kembali mempertahankan peringkat atau rating kredit Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stabil. 

Fitch menilai bahwa pendapatan negara masih menjadi tantangan bagi Indonesia, terlebih di antara negara-negara yang memiliki rating BBB. 

“Namun, pendapatan negara dan indikator struktural yang masih relatif lebih rendah dibanding negara-negara peers 'BBB' masih menjadi tantangan bagi Indonesia,” tulis lembaga pemeringkat global itu dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (19/3/2024). 

Menurut Fitch, pemerintah terus mengerek target pendapatan negara. Dalam APBN 2024, ditargetkan senilai Rp2.802,3 triliun dengan kontribusi pendapatan negara terutama berasal dari penerimaan perpajakan dan PNBP.

Peringkat utang RI ini diklaim mencerminkan kesuksesan Indonesia dalam mencapai konsolidasi fiskal yang cepat, didukung oleh pertumbuhan pendapatan yang solid, kebijakan yang terkalibrasi dengan baik, serta stabilitas ekonomi dan kondisi eksternal yang stabil pasca pemulihan dari pandemi.

Fitch menilai Indonesia memiliki prospek pertumbuhan yang positif dalam jangka menengah, didukung oleh stabilitas ekonomi dan rasio utang pemerintah yang relatif rendah terhadap PDB.

Tercatat rasio utang pemerintah terhadap PDB per Januari 2024 berada di posisi 38,75%, lebih rendah dari posisi Desember 2023 yang sebesar 38,98%. 

Fitch juga memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap solid, didorong oleh investasi domestik yang kuat dan konsumsi dalam negeri yang stabil. Ke depannya, Fitch memperhitungkan bahwa pendapatan pemerintah berpotensi meningkat seiring waktu.

Keputusan untuk mempertahankan outlook stabil mencerminkan keyakinan Fitch bahwa Indonesia mampu menjaga stabilitas makroekonomi dalam jangka pendek. Dengan demikian, prospek ke depan bagi Indonesia tetap stabil. 

Selain itu, afirmasi penilaian dari Fitch juga merupakan bukti konkret bahwa stabilitas politik dan kebijakan di Indonesia tetap terjaga dengan baik di masa pemilihan umum.

Utang Indonesia Tertinggi Sepanjang Massa

Meski mendapat peringkat stabil, secara nilai posisi utang pemerintah tercatat mencapai Rp8.253,09 triliun per Januari 2024. Jumlah utang pemerintah di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu setara 38,75% produk domestik bruto dan tertinggi sepanjang massa.

Posisi utang pemerintah pada Januari 2024 tersebut meningkat jika dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2023 yang sebesar Rp8.114,69 triliun.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan bahwa rasio utang yang cenderung tinggi pada Januari 2024 sering dengan belanja pemerintah yang relatif besar, misalnya pada pos belanja bansos. Di sisi lain, pertumbuhan penerimaan negara sekencang tahun lalu. Akibatnya, belanja ditutupi dengan pinjamam sehingga rasio utang makin mendaki pada awal tahun ini.

“Saya kira memang upaya untuk menurunkan rasio utang di tahun ini akan cukup menantang mengingat kebutuhan untuk pendanaan berbagai program pemerintah relatif besar mengingat berbagai program seperti bantuan sosial itu dialokasikan lebih tinggi,” katanya kepada Bisnis, belum lama ini (27/2/2024).

Dia menjelaskan, dengan perkiraan angka pertumbuhan ekonomi Indonesia di 4,9% tahun ini, penerimaan pajak juga akan cenderung melambat sehingga rasio utang pemerintah terhadap PDB berpotensi meningkat.

Yusuf mengharapkan pemerintah mampu melakukan penurunan rasio utang untuk memastikan kesehatan fiskal terjaga, terutama dalam jangka panjang.

Rating Peringkat Utang Indonesia Terbaru dari Lembaga Global : 

Lembaga Pemeringkat  Peringkat Kredit  Outlook 
Moody's Baa2 Stabil
Fitch BBB Stabil
S&P BBB Stabil
Japan Credit Rating (JCR) Agency BBB+ Stabil
Rating & Investment (R&I) BBB+ Positif 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper