Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Gas (PGAS) Kalah, Inilah 10 Perusahaan Migas Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Sejumlah perusahaan dari China hingga Arab Saudi menjadi entitas bisnis gas dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. Tidak termasuk Pertamina Gas (PGAS)
Ilustrasi penambangan gas alam di Iran/Caspian News
Ilustrasi penambangan gas alam di Iran/Caspian News

Bisnis.com, JAKARTA -- Perusahan penambang gas alam tersebar di seluruh dunia. Dari Pertamina Gas (PGAS) di Indonesia hingga Saudi Aramco di semenanjung Arab. Para penambang gas ini memastikan energi fosil untuk berbagai keperluan seperti pembangkit listrik, pemanas, hingga bahan bakar kendaraan terpenuhi.  

Menurut laporan The Business Research Company, pasar gas alam global bernilai US$1,02 triliun pada 2023. Ke depan, pasar diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 7,7% dari 2024 hingga 2028 untuk mencapai nilai US$1,51 triliun pada akhir periode. Nilai bisnis jumbo ini membuat perusahaan kontraktor maupun pemilik lapangan gas mengalami peningkatan valuasi pasar. 

Lalu siapa saja perusahaan gas alam terbesar di dunia? berikut ini adalah 10 perusahaan migas terbesar di dunia berdasarkan nilai kapitalisasi pasar dikutip Jumat (15/3/2024) dari The Business Research Company. Sayangnya, dalam daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia ini PGAS belum mampu ikut bersaing.

10. Petroleo Brasileiro S.A. - Petrobras 

Kapitalisasi Pasar: US$106,84 Miliar

Petróleo Brasileiro S.A. - Petrobras adalah perusahaan energi multinasional milik negara Brasil yang menempati peringkat 10 besar dalam daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia.  

Sebagai perusahaan minyak dan gas terintegrasi, perusahaan ini merupakan produsen utama gas alam di Brasil. Pada 11 Maret 2024, Petróleo Brasileiro S.A. - Petrobras memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$106,84 miliar.

9. CNOOC Limited

Kapitalisasi Pasar: US$110,84 Miliar

CNOOC Limited adalah perusahaan minyak mentah dan gas alam lepas pantai China yang bergerak dalam bidang eksplorasi, pengembangan, produksi, dan penjualan minyak mentah dan gas alam.  

Sebagai salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, CNOOC Limited memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$110,84 miliar per 11 Maret 2024.

8.Pemex

Pendapatan: US$118,54 Miliar

Pemex, juga dikenal sebagai Petróleos Mexicanos, adalah perusahaan minyak dan gas milik negara Meksiko yang terintegrasi penuh. Dikelola dan dioperasikan oleh pemerintah Meksiko, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan energi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan. Pemex menghasilkan pendapatan sebesar US$118,54 miliar pada 2022 dan menempati peringkat ke-8 dalam daftar perusahaan gas alam terbesar di dunia.

7. ConocoPhillips

Kapitalisasi Pasar: US$135,58 Miliar

ConocoPhillips adalah perusahaan minyak dan gas multinasional Amerika. Perusahaan ini mengeksplorasi, memproduksi, mengangkut, dan memasarkan minyak, gas alam, cairan gas alam, dan gas alam cair. 

Sebagai salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia, ConocoPhillips memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$135,58 miliar per 11 Maret 2024.

6. TotalEnergi SE 

Kapitalisasi Pasar: US$153,96 Miliar

TotalEnergies SE adalah perusahaan energi terintegrasi multinasional Prancis. Sebagai salah satu perusahaan energi terbesar di dunia, perusahaan ini memproduksi dan memasarkan minyak, biofuel, gas alam, energi terbarukan, dan listrik.  

Dengan kapitalisasi pasar sebesar US$153,96 miliar per 11 Maret 2024, TotalEnergies SE menempati peringkat ke-6 dalam daftar 20 perusahaan gas alam terbesar di dunia.

PetroChina miliki kapitalisasi US$223,36 miliar...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper