Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Rel Tergenang Banjir Semarang, KAI Batalkan 4 Perjalanan Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukan pembatalan beberapa perjalanan kereta api akibat banjir di wilayah Semarang.
Suasana Stasiun Tawang yang kebanjiran, Selasa (23/2/2021). Ketinggian genangan mencapai 40 sentimenter hingga 75 sentimeter, tersebar di beberapa area stasiun./KAI
Suasana Stasiun Tawang yang kebanjiran, Selasa (23/2/2021). Ketinggian genangan mencapai 40 sentimenter hingga 75 sentimeter, tersebar di beberapa area stasiun./KAI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukan pembatalan beberapa perjalanan kereta api akibat banjir di wilayah Semarang.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, pembatalan tersebut dilakukan karena banjir di beberapa titik yang merendam jalur rel. Hingga Kamis (14/3/2024) pukul 04.30 pagi, KAI telah membatalkan empat perjalanan kereta api (KA).

Selain itu, KAI juga melakukan rekayasa pola operasi jalan memutar untuk 14 perjalanan KA yang melintas di jalur utara ke jalur selatan. Beberapa perjalanan KA yang terdampak, di antaranya KA Pandalungan sebanyak 2 perjalanan, KA Argo Bromo Anggrek sebanyak 2 perjalanan, dan KA Majapahit sebanyak 2 perjalanan.

Agus mengatakan, rekayasa pola operasi jalan memutar bagi KA-KA tersebut untuk mengurangi dampak kelambatan lebih banyak lagi.

“KAI menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan,” kata Agus dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2024).

Lebih lanjut, Agus mengatakan, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi.

Dia melanjutkan, bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket bisa membatalkan tiket di loket stasiun dan bea akan dikembalikan 100% di luar bea pesan. 

Pembatalan dapat dilakukan hingga 7 hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.

KAI memberikan service recovery kepada penumpang yang terdampak kelambatan tinggi perjalanan KA akibat banjir tersebut berupa minuman, makanan ringan, dan makanan berat.

Selanjutnya, KAI menyiapkan petugas yang bersiaga di titik-titik banjir untuk memastikan keselamatan dan menyiapkan material yang diperlukan untuk normalisasi jalur bisa dilalui kereta api.

Berikut adalah daftar perjalanan KA yang dibatalkan akibat banjir di Semarang:

1) KA Ambarawa Ekspres relasi Semarang Poncol - Surabaya pasarturi.

2) KA Blora Jaya relasi Cepu - Semarang Poncol.

3) KA Kedungsepur relasi Semarang Poncol - Ngrombo.

4) KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan.

Sementara itu, beberapa perjalanan yang mendapat rekayasa pola operasi adalah sebagai berikut:

1) KA Pandalungan sebanyak 2 KA

2) KA Argo Bromo Anggrek sebanyak 2 KA

3) KA Majapahit sebanyak 2 KA

4) KA Kertajaya sebanyak 2 KA 

5). KA Sembrani 

6) KA Brawijaya

7) KA Harina

8) KA Darmawangsa

9) KA Gumarang

10) KA Jayabaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper