Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Hitam Masalah Boeing, Pesawat Jatuh hingga Gagal Lolos Uji

Bisnis.com merangkum sejumlah masalah yang menerpa produsen pesawat asal AS, Boeing dalam beberapa tahun terakhir.
Logo Boeing/Reuters
Logo Boeing/Reuters

4. Pesawat Latam Airlines Jatuh

Insiden terbaru yang melibatkan pesawat buatan Boeing terjadi pada 11 Maret 2024. Mengutip dari Reuters pada Selasa (12/3/2024) penerbangan LATAM Airlines yang menggunakan armada Boeing 787-9 Dreamliner jatuh dalam penerbangan dari Sydney menuju Auckland.

Dalam penerbangan tersebut, LATAM Airlines membawa sebanyak 263 penumpang dan 9 awak kabin. Setidaknya 50 orang dikabarkan mengalami luka-luka akibat kejadian tersebut. Pesawat itu dilaporkan mengalami guncangan hebat hingga membuat 10 penumpang dan tiga awak kabin dilarikan ke rumah sakit.

5. Gagal Lolos Uji FAA

Dalam audit yang dilakukan The Federal Aviation Administration (FAA) ditemukan pesawat jenis 737 MAX keluaran Boeing gagal pada 33 dari total 89 pengujian dalam proses produksinya.

Pada laporan audit tersebut, FAA menyebut Boeing gagal dalam pengujian komponen panel bernama door plug. Komponen yang sama menjadi penyebab salah satu pesawat maskapai Alaska Airlines mendarat darurat pada Januari 2024 lalu.

Laporan tersebut juga menyebut produsen badan pesawat (fuselage) untuk seri MAX, Spirit AeroSystems hanya lolos pada 6 dari total 13 audit yang ada, sementara 7 lainnya gagal.

Audit yang sama pada Spirit Aerosystems juga menemukan ada 5 masalah pada komponen door plug. FAA juga menyebut Spirit Aerosystems gagal pada proses pengujian pemasangan komponen tersebut.

“Pengujian atau audit lain pada Spirit Aerosystems yang gagal adalah terkait pintu kargo dan juga pemasangan jendela kokpit,” demikian kutipan laporan tersebut dari Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper