Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Aturan Buka Puasa di KRL, LRT, dan MRT saat Ramadan 2024

Bisnis.com merangkum aturan buka puasa di sejumlah transportasi massal seperti KRL Jabodetabek, LRT Jabodebek, dan MRT Jakarta selama Ramadan 2024.
Dwi Rachmawati, Lorenzo Anugrah Mahardhika
Selasa, 12 Maret 2024 | 15:05
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki awal Ramadan 2024 atau 1445 H, sejumlah moda transportasi telah mengumumkan aturan buka puasa bagi penumpang saat naik KRL Jabodetabek, LRT Jabodebek, hingga MRT Jakarta.

Bisnis.com merangkum aturan khusus yang telah diberlakukan mulai hari ini oleh sejumlah operator transportasi massal tersebut.

Aturan Buka Puasa di KRL

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter memperbolehkan penumpang untuk buka puasa di dalam KRL dengan makanan dan minuman ringan. Akan tetapi, aturan ini hanya selama 1 jam setelah waktu berbuka puasa atau azan magrib.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan petugas KRL akan menginformasikan waktu berbuka puasa di dalam perjalanan KRL maupun di area stasiun.

"Untuk berbuka puasa di dalam KRL Commuter Line, pengguna diimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, hindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama," ujar Anne, Senin (11/3/2024).

KAI Commuter juga bakal menyediakan fasilitas dispenser air minum gratis atau water station yang bisa diakses oleh seluruh pengguna KRL. Adapun, saat ini, fasilitas air minum gratis itu baru tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Bekasi.

Aturan Buka Puasa di LRT

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono menuturkan penumpang boleh buka puasa di dalam LRT Jabodebek dengan makan dan minum mulai waktu berbuka puasa hingga 1 jam setelahnya.

“Pemberlakuan aturan ini merupakan bentuk toleransi kepada pengguna jasa LRT Jabodebek yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, agar pengguna dapat leluasa berbuka di tengah perjalanannya menggunakan LRT Jabodebek,” jelas Mahendro dalam keterangan resminya, Selasa (12/3/2024).

KAI juga mengimbau agar pengguna tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan perjalanan LRT Jabodebek dan pengguna lainnya dengan menghindari makanan yang berbau menyengat dan makanan berat terutama saat waktu berbuka tiba, serta menyimpan dan membuang sampah bekas makanannya sampai stasiun tujuan.

Mahendro menuturkan KAI akan membagikan takjil gratis di beberapa stasiun LRT Jabodebek secara bergantian pada 15, 19, dan 22 Maret 2024. KAI juga menyediakan fasilitas air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna di 18 stasiun LRT Jabodebek.

Aturan Buka Puasa di MRT

PT MRT Jakarta (Perseroda) memperbolehkan penumpang untuk buka puasa di dalam MRT Jakarta maupun area berbayar seperti peron atau beranda peron.

memberlakukan kebijakan khusus untuk penggunanya dalam berbuka puasa di fasilitas MRT selama Ramadan 2024.

Berdasarkan informasi pada laman resmi perusahaan, Senin (12/3/2024), penumpang hanya diperbolehkan membatalkan puasa dengan air putih dan buah kurma serta maksimum 10 menit setelah azan magrib apabila masih di dalam rangkaian kereta MRT atau area berbayar. 

“Pengguna jasa tidak diperbolehkan untuk membatalkan puasa dengan minuman selain air putih, seperti teh, kopi, sirup, soda, dan lainnya serta kudapan selain buah kurma,” tulis MRT Jakarta, Senin (12/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper