Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Pastikan Akan Wariskan Anggaran Sehat dan Kredibel ke Pemerintahan Baru

Menkeu Sri Mulyani Indrawati memastikan akan mewariskan anggaran yang sehat dan kredibel agar pemerintahan baru yang terpilih dapat melanjutkan pola saat ini.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024). ANTARA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika ditemui wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024). ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan akan mewariskan anggaran yang sehat dan kredibel kepada pemerintahan yang baru nantinya.

“Bagi pemerintahan ini, terutama bagi Kementerian Keuangan, adalah tanggung jawab kami untuk memastikan bahwa kami akan memberikan warisan anggaran yang sehat dan cukup kuat, kredibel,” katanya dalam acara Mandiri Investment Forum 2024, Selasa (5/3/2024).

Hal ini dilakukan agar pemerintahan baru yang terpilih dapat melanjutkan pola yang telah berjalan selagi melanjutkan pencapaian tujuan pembangunan atau janji politik yang sudah dicanangkan. 

“Saya rasa ini sangat penting, Indonesia bukan pertama kali mengalami transisi seperti ini, jadi saya tidak terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Selalu menarik dari sisi pemberitaan, tapi pekerjaan yang sesungguhnya sebenarnya cukup memberikan kita kepastian terkait apa yang menjadi bagian terpenting,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menjawab aspirasi masyarakat, pemerintah tidak boleh mengorbankan pondasi yang harus dibangun guna memastikan kinerja perekonomian Indonesia tetap tumbuh tinggi.

Apalagi, perkembangan dunia saat ini sangat dinamis. Misalnya, tingkat suku bunga acuan global saat ini berada pada level yang sangat tinggi, sementara beberapa tahun lalu masih di level yang sangat rendah.

Laju inflasi dunia pun melaju tinggi akibat situasi geopolitik dan perubahan iklim, serta teknologi yang berkembang sangat cepat. 

“Perubahan apa pun dapat datang dari berbagai sisi dan terkadang sangat lambat, tetapi pasti, misalnya seperti demografi dan populasi yang menua yang merupakan perubahan yang sangat lambat tetapi pasti, atau kadang-kadang yang sangat singkat. Perubahan seperti itu akan terus dinamis,” tuturnya.

Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa untuk pemerintahan baru, selain memenuhi aspirasi masyarakat, pemerintah harus terus memperkuat pondasi untuk terus tumbuh dan mengantisipasi berbagai gejolak.

“Bagaimana melakukannya? Perkuat institusi, untuk Kementerian Keuangan, terus tingkatkan kualitas pegawai. Tingkatkan kualitas bekerja di institusi. Investasi di teknologi digital. Pastikan juga selalu mengikuti perkembangan lingkungan global yang terus berubah,” jelas Sri Mulyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper