Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tunjuk Budi Karya Jadi Ad Interim Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono ke Mana?

Presiden Jokowi menunjuk Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Ad Interim Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Ad Interim Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menggantikan sementara Basuki, lewat unggahan di akun Instagramnya @budikaryas, Menhub Budi terlihat tengah mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Indrapura - Lima Puluh yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera.

"Jelang libur panjang ini, saya sebagai Menteri @kemenpupr Ad Interim, mendampingi Pak Presiden @jokowi meresmikan Jalan Tol Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Indrapura - Lima Puluh yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera," tulis Menhub Budi dalam unggahan di Instagramnya, Rabu (7/2/2024).

Budi mengklaim bahwa jalan tol tersebut membawa banyak manfaat, antara lain untuk menghemat waktu tempuh dari dan menuju Pelabuhan Kuala Tanjung serta mendukung Kawasan Destinasi Prioritas Pariwisata Danau Toba.

"Nah... yang paling penting dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Sumatera Utara," tulisnya.

Adapun pembangunan kedua ruas tol Trans Sumatra di Sumut ini dikelola oleh PT Hutama Karya. Pembangunan Seksi Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 kilometer dari Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) dimulai HK sejak 2019 dan menelan biaya Rp3,06 triliun.

Sementara pembangunan Seksi Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 kilometer dari Ruas Tol Indrapura-Kisaran (Inkis) yang total panjang ruasnya mencapai 47,75 kilometer menghabiskan biaya konstruksi sebesar biaya Rp1,67 triliun.

Sebagai informasi, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono tengah menghadiri High Level Meeting The 5th Mediterranean Water Forum di Tunis sejak Senin, 5 Februari 2024 lalu. Adapun dalam pertemuan ini, Menteri Basuki turut berdiskusi dengan Menteri Abdelmonam mengenai persiapan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper