Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Kritik Proyek Jalan Tol Paling Banyak di Jawa, PUPR Bilang Begini

DPR menyebut pemerintah perlu melakukan perluasan pembangunan jalan tol di luar Pulau Jawa, khususnya Kalimantan.
Jalan Tol Pemalang-Batang - Waskita Toll Road
Jalan Tol Pemalang-Batang - Waskita Toll Road

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Lasarus, menyoroti keberadaan jalan tol beroperasi di Indonesia yang mayoritas masih tersebar di Pulau Jawa.

Lasarus menyebut pemerintah perlu melakukan perluasan pembangunan jalan tol di luar Pulau Jawa, khususnya Kalimantan.

Dia juga menilai perluasan pembangunan jalan tol di Kalimantan menjadi salah satu yang penting untuk direalisasikan seiring dengan masifnya pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pasalnya, tambah Lasarus, saat ini tol beroperasi di Kalimantan baru terdiri dari ruas tol Balikpapan - Samarinda (Balsam).

"Kalimantan ini kan 1/3 daratan Indonesia itu kan ada di sana kita Indonesia ini, ada di Kalimantan. Jadi, saya rasa ini juga perlu perhatian," ujar Lasarus dalam rapat kerja bersama Kementerian PUPR di Kompleks DPR RI, Kamis (18/1/2024).

Dia mengatakan konektivitas tol di Kalimantan perlu diperluas hingga ke wilayah Pontianak yang saat ini telah menanggung beban lalu lintas tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Zainal Fatah, mengatakan bahwa pembangunan jalan tol di sejumlah daerah masih terus berlanjut, termasuk yang di luar Pulau Jawa.

"Jalan tol jadi catatan ya, kalau di Pulau Jawa mungkin sudah oke. tapi Sumatra belum selesai ya, masih berprogres mudah-mudahan ini bisa cepat kita selesaikan. Jumlah penduduk kan terus bertambah di sejumlah pulau, itu sudah hukum alam itu jadi saya rasa juga jauh-jauh hari [disiapkan]," kata Zainal dalam rapat kerja evaluasi pelaksanaan angkutan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Kompleks DPR RI, Kamis (18/1/2024).

Untuk diketahui sebelumnya, mengutip laman resmi BPJT, total jalan tol yang telah beroperasi di seluruh Indonesia telah tembus 2.816 kilometer yang tersebar di sejumlah wilayah seperti Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi.

"Sejak tahun 1978 hingga pertengahan Januari 2024 ini total panjang Jalan Tol di Indonesia telah mencapai 2.816 Km," tulis manajemen BPJT.

Terkait perinciannya, Jawa menjadi pulau yang paling terkoneksi jalan tol dengan total panjang ruas tol yang dimiliki mencapai 1.782,47 Km. Kemudian disusul Pulau Sumatra dengan total panjang mencapai 865,43 km.

Selanjutnya, Pulau Kalimantan tercatat memiliki 97,27 Km, Pulau Sulawesi 61,64 Km, dan Pulau Bali 10,07 Km ruas tol yang telah beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper