Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harapan Apindo soal Ekonomi dalam Debat Perdana Cawapres Besok

Apindo turut menyuarakan harapannya dalam debat perdana calon wakil presiden (cawapres) yang akan berlangsung Jumat, (22/12/2023).
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W Kamdani, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/12/2023) - BISNIS/Ni Luh Anggela.
Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi, dan Luar Negeri Kadin Indonesia, Shinta W Kamdani, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/12/2023) - BISNIS/Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) turut menyuarakan harapannya dalam debat perdana calon wakil presiden (cawapres) yang akan berlangsung Jumat, (22/12/2023) di Jakarta Convention Center (JCC). 

Ketua Umum Apindo  Shinta W. Kamdani menyampaikan bahwa dalam debat perdana yang mengangkat tema ekonomi tersebut telah mencakup isu yang cukup lengkap. Mulai dari ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, hingga perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Meski demikian, pelaku usaha tidak menantikan janji-janji yang akan dilontarkan para cawapres, melainkan bukti konkret dalam merealisasikan janji tersebut. 

“Topik berkaitan dengan ekonomi sudah komprehensif, namun yang mau kami dengar lebih banyak dalam perdebatan besok itu, mengenai implementasinya seperti apa, apakah ini tidak hanya segi visi misi-nya, tapi bagaimana ini bisa menjadi kenyataan,” ujarnya dalam Outlook Ekonomi dan Bisnis Apindo 2024, Kamis (21/12/2023). 

Tidak dapat dipungkiri, Shinta menyampaikan visi-misi dari tiga pasangan calon tersebut dinilai bagus, terutama dari sisi ekonomi. 

Meski demikian, pelaku usaha menunggu bagaimana calon pemimpin tersebut dapat mewujudkan visi misi tersebut atau tidak. 

Untuk itu, Apindo telah menerbitkan peta jalan atau Roadmap Perekonomian 2024-2029 dan telah menyampaikannya kepada tiga capres yang maju Pemilu 2024.

Dalam survei Apindo yang dilakukan kepada 2.000 pelaku usaha skala kecil hingga besar, yang optimistis terhadap prospek pertumbuhan usaha di Indonesia dalam 5 tahun ke depan. Sebanyak 40% pengusaha memperkirakan pertumbuhan ekonomi di atas 5%.

Pasalnya, tidak semua cawapres memiliki latar belakang ekonomi. Terlebih saat ini kondisi ekonomi global dan domestik tengah menghadapi guncangan mulai dari geopolitik, suku bunga acuan, hingga inflasi. 

“Sejauh mana knowledge, tidak semua [cawapres] punya latar belakang ekonomi, tapi sejauh mana knowledge tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan,” lanjut Shinta.

Setelah berlangsungnya debat perdana calon presiden (capres) pada 12 Desember 2023 lalu, kali ini Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan melakukan debat perdananya, besok, pukul 19.00 WIB.

Debat cawapres besok akan dilaksanakan dalam 6 segmen. Dengan rincian sebagai berikut: 

-Segmen 1: Penyampaian visi misi dan program kerja: Durasi untuk menyampaikan visi misi dan program kerja adalah 4 menit. 

-Segmen 2, 3, 4 dan 5: Pendalaman visi misi, dan program kerja. Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan dan peserta debat diberi waktu menjawab selama 2 menit. Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi. Durasi untuk menanggapi dan menjawab tanggapan masing-masing 1 menit. 

-Segmen 6: Penutup, atau closing statement. Masing-masing peserta debat atau capres akan memberikan pernyataan penutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper