Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Argo Lawu Pakai Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation Besok, Cek Harga Tiketnya

KAI mengumumkan harga tiket KA Argo Lawu relasi Gambir - Solo Balapan pp dengan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation.
PT KAI mengoperasikan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation - Dok. PT KAI
PT KAI mengoperasikan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation - Dok. PT KAI

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bakal mengoperasikan KA Argo Lawu relasi Gambir - Solo Balapan pp dengan menggunakan jenis Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation mulai besok, Senin 18 Desember 2023.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, membeberkan bahwa, Kereta New Generation tersebut merupakan bagian dari pengadaan 612 unit kereta Stainless Steel New Generation periode 2023 hingga 2026 yang didatangkan dari PT INKA (Persero).

Joni menuturkan pengoperasian Kereta Eksekutif New Generation dan Kereta Luxury New Generation sebagai upaya peningkatan pelayanan KAI kepada seluruh pelanggan menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, khususnya pelanggan KA Argo Lawu.

"Selanjutnya, Kereta New Generation ini akan kami operasikan untuk KA-KA lainnya secara bertahap," ujar Joni dalam keterangan resmi, Minggu (17/12/2023).

Untuk bisa menikmati perjalanan dengan kereta eksekutif Argo Lawu, masyarakat dapat membeli tiket kereta api dengan harga di kisaran Rp600.000. Sementara untuk harga tiket kereta api jenis luxury dipatok sekitar Rp1,3 juta - Rp1,5 juta.

"Tarif tersebut dinamis, dengan tetap berada pada tarif batas bawah hingga tarif batas atas yang telah ditentukan," kata Joni.

Lebih lanjut, dia menjelaskan keunggulan Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation, yaitu pintu masuk kereta dan pintu penghubung antar kereta sudah menggunakan pintu elektrik otomatis. Menurutnya, pintu otomatis itu bakal mempermudah pelanggan saat berpindah antar gerbong kereta.

"Suara aktivitas buka-tutup pintu pun menjadi lebih senyap," ujarnya.

Selain itu, keunggulan lainnya yakni adanya Passenger Information Display System (PIDS) di setiap gerbong kereta. Adapun, PIDS berfungsi menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan dan suhu ruangan.

Joni menyebut, jendela Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation juga telah di-upgrade menjadi tempered double glass dari sebelumnya tempered glass.

Dengan tempered double glass, KAI mengklaim tingkat keamanan menjadi lebih tinggi, mengurangi masuknya panas dan sinar UV ke dalam gerbong kereta serta mampu mereduksi kebisingan.

"Keunggulan lain pada Kereta Luxury New Generation ada penambahan toilet dari Kereta Luxury sebelumnya dari 1 toilet menjadi 2 toilet dan dipisahkan menjadi toilet pria dan wanita," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper