Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR: Seluruh Proyek Jalan Disetop H-10 Libur Nataru

Kementerian PUPR memprediksi puncak arus mudik Nataru bakal terjadi pada 22 Desember - 29 Desember 2023.
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR
Proyek perbaikan jalan - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi lonjakan arus lalu lintas selama momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, mengatakan arus mudik libur Nataru diperkirakan terjadi mulai Jumat 22 Desember - 29 Desember 2023.

Adapun, Kementerian PUPR memprediksi bahwa periode arus balik libur Nataru akan jatuh pada 29 Desember 2023 - 1 Januari 2024.

Demi memastikan kelancaran arus mudik, Hedy menyatakan salah satunya upaya yang dilakukan PUPR ialah memastikan kemantapan jalan tol maupun jalan nontol serta menghentikan pengerjaan konstruksi di sejumlah ruas jalan utama selambat-lambatnya pada 15 Desember 2023. 

"Pertama adalah memastikan seluruh jalan nasional berfungsi dengan baik disertai dengan lampu dan marka yang lengkap. Kemudian, kita akan menghentikan seluruh kegiatan konstruksi di sepanjang arus Nataru selambat-lambatnya pada 15 Desember 2023," kaya Hedy dalam konferensi pers Skema Pengaturan Jalan Nataru dan Kesiapan Jalan Alternatif & Tol, dikutip Minggu (17/12/2023).

Guna mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di jalan tol, Hedy menyatakan PUPR akan melakukan pengaturan khusus terhadap arus kendaraan keluar masuk di tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Peningkatan pemantauan khususnya akan dilakukan pada 3 TIP yang langganan mengalami kepadatan pada setiap momen libur panjang. Ketiga TIP tersebut di antaranya KM 88A, KM 39A dan KM725A Jalan Tol Trans Jawa.

"Serta ada penambahan petugas yang dilakukan oleh BUJT. Kemudian, kita juga terapkan rest area monitoring system atau RAMS yang dilengkapi dan dibantu dengan CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir. Serta kami menyediakan aplikasi BPJT Info yang dapat diakses oleh publik melalui smartphone," ujarnya.

Untuk meningkatkan fasilitas TIP di Tol Trans Jawa, PUPR juga akan mengalihfungsikan sementara eks kantor Jasa Marga Palikanci yang berlokasi di exit Gerbang Tol Ciperna sebagai rest area.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper