Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Macet! 1,3 Juta Kendaraan akan Melintasi Gerbang Tol Cikampek saat Nataru

Jasa Marga (JSMR) memperkirakan sebanyak 1,3 juta kendaraan akan melintasi Gerbang Tol Cikampek saat periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.
Kemacetan panjang terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (19/4/2023) - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR memperkirakan sebanyak 1,3 juta kendaraan akan melintasi gerbang tol cikampek selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Corporate Secretary and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyampaikan, periode libur Nataru akan berlangsung sejak 18 Desember 2023 - 4 Januari 2024.

Secara terperinci, 1,3 juta kendaraan akan melintasi Cikampek, 708.824 kendaraan melintasi Cikatama, dan 637.680 kendaraan melintasi Kalitama.

“Dari distribusinya ini mayoritas akan menuju timur atau mencapai 47% ya ke arah timur ke arah Cikampek dan Bandung,” kata Lisye dalam konferensi pers, Kamis (14/12/2023). 

Lisye menyebut, puncak arus mudik akan terbagi menjadi dua periode yakni pada 22 dan 30 Desember 2023. Pada 22 Desembeer 2023, Jasa Marga memperkirakan akan ada peningkatan volume kendaraan sebesar 19% dari lalu lintas normal, sedangkan pada 30 Desember 2023 akan ada peningkatan sekitar 9% dari kondisi normal.

Di samping itu, kepadatan arus balik juga diperkirakan terjadi pada 26 Desember 2023 dan 1 Januari 2024. Diperkirakan akan ada peningkatan volume kendaraan sebesar 40% dibandingkan lalu lintas normal pada 26 Desember 2023, sedangkan pada 1 Januari 2023 akan ada peningkatan kendaraan sekitar 47% dibandingkan kondisi normal.

“Untuk menghadapi hal tersebut, kita juga menyiapkan beberapa penanganan operasional selama libur panjang Nataru,” ujarnya. 

Penanganan operasional ini meliputi pengaturan waktu operasi truk dan contraflow, pengaturan waktu penghentian pekerjaan konstruksi, hingga peningkatan layanan preservasi.

Untuk peningkatan layanan preservasi, Lisye menyatakan Jasa Marga akan mengoptimalkan 10 lajur di ruas Jakarta-Cikampek segmen Karawang Barat-Dawuan.

Di ruas Surabaya-Gempol segmen Sidoarjo-Porong nantinya akan menjadi 3 lajur, dan nantinya akan ada penambahan kapasitas lajur di ruas Jagorawi Ramp E KM 7 (SSTMII) dan Ramp TIP KM 10 (Cibubur).

Pemerintah juga akan membuka beberapa ruas baru dan ruas fungsional, diantaranya Jakarta Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer, akses KM149 A Padaleunyi dan akses KM 99A/B Cipularang.

“Dan juga nanti di Nataru tahun ini kita akan fungsionalkan [tol] Solo-Jogja untuk segmen Kartosuro-Karanganom sepanjang 13 kilometer,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper