Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaleidoskop 2023: Kereta Cepat, Balada Utang Jumbo hingga Bergelut Insiden

Proyek Kereta Cepat yang diresmikan tahun ini dibebani dengan utang jumbo hingga bergelut melawan sejumlah insiden yang terjadi.
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Meski pengujian terus dilaksanakan, pengoperasian kereta cepat untuk penumpang pun kembali meleset dari target 18 Agustus 2023. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) pada pertengahan Juni 2023 menyebut, operasi komersial atau commercial operation date (COD) Kereta Cepat dilaksanakan mulai Oktober 2023.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan uji coba operasional terbatas kereta cepat untuk masyarakat akan dimulai pada September 2023.

Pada 17 September 2023, uji coba kereta cepat untuk masyarakat pun akhirnya dibuka. Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan, uji coba untuk masyarakat dibuka untuk periode 17 hingga 30 September 2023.

Tidak lama berselang, Kemenhub mengumumkan perubahan jenama atau branding Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menjadi Kereta WHOOSH Indonesia.

Kereta Cepat WHOOSH akhirnya resmi memulai operasinya secara komersial pada 2 Oktober 2023. Peresmian kereta cepat tersebut langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada pertengahan Oktober 2023, PT KCIC mengumumkan besaran harga tiket kereta cepat. Pada awal pengoperasian berbayar, perseroan mematok tiket promo Kereta Cepat WHOOSH seharga Rp150.000 untuk satu kali perjalanan yang berlaku mulai 18 Oktober hingga 30 November 2023.

Namun, sebelumnya Kereta Cepat tercatat harus bergelut menangani sejumlah insiden. Pada 7 Juni 2023, Kepolisian menangkap 6 orang yang melakukan pencurian baut dan kabel tembaga proyek kereta cepat di sekitar Desa Parungmulya, Kecamatan Ciampel, Karawang.

Pada 25 Juli 2023, KCIC melaporkan adanya benda asing tergantung pada jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) atau Overhead Catenary System (OCS). Benda yang dimaksud adalah layang-layang yang dimainkan masyarakat sekitar, terutama di area antara Stasiun Padalarang hingga Stasiun Tegalluar.

Kemudian, pada 11 September 2023, atap pada Stasiun Halim dilaporkan terbakar. KCIC menjelaskan, insiden ini terjadi saat adanya percikan api di sisi atap peron sisi timur. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper