Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Tambah 34 Perjalanan KA Jarak Jauh saat Libur Nataru, Ini Daftar Rutenya

PT KAI akan mengoperasikan 34 kereta api tambahan untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan mengoperasikan 34 kereta api tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan, secara total KAI menambah 311.856 tempat duduk untuk KA Jarak Jauh. Kereta tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Bandung - Solo pp, dan lainnya.

Dia mengatakan, penambahan beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas dilakukan guna mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru. 

Joni menuturkan, tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai hari ini, Rabu (29/11/2023) pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya. Adapun, loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

“Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Joni dalam keterangan resminya, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, per Rabu (29/11/2023), KAI mencatat sebanyak 549.612 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 24% dari tiket yang disediakan sebanyak 2.334.340 tiket untuk periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada 21 Desember 2023-7Januari 2024. 

Joni mengatakan, jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia.

Adapun, relasi perjalanan yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp, KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto pp, KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar pp, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang pp, dan lainnya.

Berikut Daftar KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru (Nataru):

- KA keberangkatan 21 Desember 2023-7 Januari 2024

Manahan (Gambir – Solo Balapan pp)

Malioboro Ekspres (Purwokerto – Malang pp)

Sancaka (Yogyakarta – Surabaya Gubeng pp)

Kaligung (Tegal – Semarang Poncol pp)

Taksaka Tambahan (Gambir – Yogyakarta pp)

Gajayana Tambahan (Gambir – Malang pp)

Sembrani Tambahan (Gambir – Surabaya Pasarturi pp)

Lodaya Tambahan (Bandung – Solo Balapan pp)

Brantas Tambahan (Pasar Senen – Blitar pp)

Kertajaya Tambahan (Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp)

Tambahan Kiaracondong – Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng – Kiaracondong)

Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen – Kutoarjo pp)

- KA keberangkatan 24, 25, 26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024

Argo Cheribon (Gambir – Cirebon pp) 

Argo Parahyangan Tambahan (Gambir – Bandung pp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper