Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Ruas Tol Trans Sumatra hingga Jawa Rampung saat Libur Nataru

Kementerian PUPR mempersiapkan sejumlah jalan tol Trans Sumatra hingga Jawa agar rampung saat libur Nataru 2024.
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik
Ilustrasi Jalan Tol - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebut sejumlah ruas tol baru siap dioperasikan secara fungsional untuk menyambut masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Salah satu ruas jalan tol yang siap beroperasi fungsional di Pulau Jawa yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan seksi 3 Sadang-Kutanegara. Basuki menuturkan, ruas tol ini difungsikan untuk mendukung kelancaran lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta.

Kemudian, jalan tol Solo-Yogyakarta ruas Kartasura-Karanganom juga disiapkan untuk beroperasi secara fungsional selama libur Nataru 2024. 

"Lebaran lalu fungsional Tol Solo-Yogyakarta baru sampai Pakis, tapi pada Nataru ini insyaallah sampai ke Karanganom sepanjang 13 km," katanya dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Selasa (21/11/2023).

Kemudian, sejumlah ruas jalan tol di Pulau Sumatra juga akan difungsionalkan selama libur Nataru 2024. Basuki memperinci, beberapa ruas tol tersebut di antaranya adalah jalan tol Binjai-Langsa seksi II Kuala Bingai-Tanjungpura sepanjang 19 km, tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 71 km, serta tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 25 km.

Basuki melanjutkan, pihaknya juga telah menyelesaikan pelebaran jalan tol di ruas Cikampek-Palimanan. Pelebaran tersebut dilakukan dengan menambah satu ruas A dan B pada ruas tol tersebut.

Dia menuturkan, upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi arus kendaraan dari tol Cisumdawu kilometer (KM) 71 hingga KM 85.

“Pelebaran ini akan dapat dimanfaatkan nanti pada saat Nataru. Kami target H-10 100% dapat diselesaikan," kata Basuki.

Sementara itu, Basuki juga memastikan kesiapan jalan non tol dan jalan tol untuk menyambut masa libur Nataru 2024. Secara keseluruhan total panjang jalan non tol 47.603 km memiliki tingkat kemantapan sebesar 92,2%. 

Secara terperinci, jalur di Sumatra sepanjang 13.417  km memiliki kemantapan 93,8%, jalan di Jawa dan Bali sepanjang 7.090 km memiliki kemantapan 96,43%. Kemudian, kemantapan jalan non tol di Sulawesi sepanjang 8.794 km adalah 92,73%, sementara di Kalimantan memiliki kemantapan 90,33% dengan panjang jalan 8.036 km.

Kemudian, kemantapan jalan di Maluku-Papua sepanjang 7.172 km adalah sebesar 85,37%. Adapun, kemantapan jalan terbaik terdapat di daerah Nusa Tenggara dengan 95,12% dari total panjang jalan 3.092 km.

Sementara itu, total panjang jalan tol yang akan beroperasi selama libur Nataru 2024 adalah 2.816 km dengan 73 ruas. Secara terperinci, panjang jalan tol di Jawa adalah 1.782 km, di Sumatra sepanjang 865 km, wilayah Bali sepanjang 10 km, Kalimantan sepanjang 97 km, dan di Sulawesi sepanjang 62 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper