Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP I: Maskapai Gencar Aktivasi Kembali Rute Penerbangan

AP I menyebut maskapai banyak yang melakukan aktivasi kembali rute penerbangan domestik dan internasional.
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN
Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyebut maskapai mulai gencar melakukan aktivasi kembali rute penerbangan yang sebelumnya tutup akibat pandemi Covid-19. Tercatat, ada sebanyak 451 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru selama Januari-Oktober 2023. 

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menjelaskan, catatan ini melonjak 153% dibandingkan periode yang sama pada 2022 dengan 178 reaktivasi dan pembukaan rute baru. Secara terperinci, reaktivasi tersebut terbagi atas 323 reaktivasi rute domestik dan 84 rute internasional.

Sementara itu, pada rentang waktu yang sama, AP I juga melayani 28 pembukaan rute baru domestik dan 16 rute baru internasional. 

"Selama periode Januari-Oktober 2023, bandara-bandara AP I melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru dengan jumlah yang sangat signifikan. Hal ini yang kemudian mendukung peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat di bandara-bandara kami,” ujar Faik dalam siaran pers, Jumat (17/11/2023).

Faik melanjutkan, tiga bandara yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru terbanyak sepanjang Januari-Oktober 2023 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 66 rute domestik dan 66 rute internasional, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 87 rute domestik dan 4 rute internasional, serta Bandara Juanda Surabaya dengan 73 rute domestik dan 15 rute internasional.

AP I mencatat kuartal I/2023 sebagai periode dengan jumlah reaktivasi rute dan pembukaan rute terbanyak. Faik mengatakan, pada periode ini perseroan melayani 320 reaktivasi rute domestik dan 83 rute internasional, serta 3 pembukaan rute baru domestik dan 10 rute baru internasional.

Memasuki kuartal II/2023, AP I mencatat terdapat sebanyak 1 reaktivasi rute domestik, serta 11 pembukaan rute baru domestik dan 2 rute baru internasional. Selanjutnya, pada kuartal III/2023, terdapat sebanyak 2 reaktivasi rute domestik dan 1 rute internasional, serta 14 pembukaan rute baru domestik dan 4 rute baru internasional.

“Adapun, sepanjang Oktober 2023, tidak terdapat reaktivasi dan pembukaan rute baru di bandara-bandara kami,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper