Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Tarif Tol 7 Ruas Bakal Naik, Ini Daftarnya

Sebanyak 7 ruas tol yang bakal mengalami kenaikan tarif tol menjelang akhir 2023. Berikut ini daftarnya.
Gerbang Tol Pamulang di Jalan Tol Serpong–Cinere./Jasa Marga
Gerbang Tol Pamulang di Jalan Tol Serpong–Cinere./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Tarif tol sejumlah ruas akan mengalami penyesuaian dalam waktu dekat. Setidaknya terdapat 7 ruas tol yang bakal mengalami kenaikan menjelang akhir tahun ini.

Sebagaimana diketahui, sepanjang 2023 puluhan ruas tol telah mengalami kenaikan tarif. Misalnya, dari Tol Jagorawi, Tol Sedyatmo, Tol Cimanggis - Cibitung dan Tol Ngawi - Kertosono yang kompak telah naik pada Agustus 2023.

Sebelumnya, sejumlah ruas Jalan Tol Trans Jawa seperti Jalan Tol Pemalang - Batang, Batang - Semarang hingg Tol Solo - Ngawi juga telah mengalami kenaikan tarif. Terbaru, tarif ruas Jalan Tol Pemalang - Batang juga dikabarkan akan segera naik dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT Pemalang Batang Toll Road (PBTR), Supriyono menjelaskan, penyesuaian tarif dilakukan berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 1517/KPTS/M/2023.

Seiring dengan rencana kenaikan tarif, PBTR berkomitmen untuk senantiasa melakukan upaya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada jalan Pemalang – Batang guna menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan serta pengelolaan.

Suptiyono menuturkan PBTR melakukan sejumlah kegiatan untuk menunjang peningkatan layanan dan fasilitas jalan Tol Pemalang – Batang, seperti melakukan perbaikan dengan pekerjaan patching aspal, rekonstruksi rigid, dan pekerjaan Scrapping Filling Overlay (SFO), serta melakukan beautifikasi di sekitaran jalan tol.

"Kami berharap dengan sejumlah kegiatan ini, keamanan, kenyamanan dan kualitas jalan tol Pemalang – Batang dapat terjaga,” kata Supriyono, dikutip Selasa (7/11/2023).

Selain Tol Pemalang-Batang, beberapa ruas tol lainnya juga diperkirakan bakal segera mengalami kenaikan tarif. Kenaikan tarif jalan tol seiring dengan ketentuan Undang - Undang Nomor 38 tahun 2024 tentang Jalan. 

Mengacu pada beleid tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif jalan tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan SPM jalan tol.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, menjelaskan, umumnya besaran kenaikan tarif jalan tol tidaklah terlalu besar. Kisarannya dipatok pada level Rp500 pada masing-masing golongan.

"Penyesuaian itu naik Rp500 karena inflasi. Dan itu memang haknya BUJT dalam PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol). Jadi, saya kira enggak besar," jelasnya.

Adapun, berdasarkan catatan Bisnis setidaknya tersisa 7 ruas tol yang terakhir kali mengalami penyesuaian tarif pada 2021. Artinya, pada tahun ini atau setelah 2 tahun, sejumlah ruas tersebut bakal kembali melakukan penyesuaian tarif.

Berikut daftar 7 ruas tol yang bakal naik:

1. JORR Ulujami-Pondok Aren 

BUJT: PT Hutama Karya (Persero) 

Terakhir penyesuaian tarif: 17 Januari 2021 

2. Bintaro Viaduct-Pondok Ranji 

BUJT: PT Jasa Marga (Persero) Tbk. 

Terakhir penyesuaian tarif: 17 Januari 2021 

3. Serpong-Cinere Seksi 1 

BUJT: PT Cinere Serpong Jaya 

Terakhir penyesuaian tarif: 2 Januari 2021 

4. Cibitung Cilincing Seksi 1 

BUJT: PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways 

Terakhir penyesuaian tarif: 17 Agustus 2021 

5. Pasuruan-Probolinggo 

BUJT: PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol 

Terakhir penyesuaian tarif: 19 Agustus 2021 

6. Ciawi-Cigombong 

BUJT: PT Trans Jabar Tol 

Terakhir penyesuaian tarif: 23 Agustus 2021

7. Palembang-Indralaya 

BUJT: PT Hutama Karya (Persero)  

Terakhir penyesuaian tarif: 7 Oktober 2021 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper