Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Konstruksi di Kaltim Melonjak 16,26%, Gara-gara Proyek IKN

BPS mengatakan pertumbuhan sektor konstruksi di Kaltim melonjak 16,26% gara-gara proyek IKN.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan pertumbuhan sektor konstruksi di Kalimantan Timur (Kaltim) terdongkrak pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja sektor konstruksi pada kuartal III/2023 mengalami pertumbuhan sebesar 6,39% secara tahunan (year-on-year/yoy). Capaian pertumbuhan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan capaian pertumbuhan pada kuartal II/2023 yang tercatat sebesar 5,23% yoy.

Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar mengatakan bahwa kinerja konstruksi pada periode tersebut tumbuh solid, terutama didorong oleh peningkatan realisasi belanja modal pemerintah dan aktivitas yang dilakukan pihak swasta dan rumah.

Berdasarkan provinsi, Amalia mengatakan bahwa kinerja sektor konstruksi mencatatkan pertumbuhan tertinggi di Kalimantan Timur, yaitu sebesar 16,26% yoy. Amalia mengatakan pertumbuhan sektor konstruksi yang tinggi di Kalimantan Timur ini utamanya didukung oleh proyek pembangunan IKN. 

“Pertumbuhan konstruksi di Kalimantan Timur mencapai 16,26% didorong oleh proyek pembangunan Ibu Kota Negara, yang tercermin dari peningkatan realisasi pengadaan semen,” katanya dalam Konferensi Pers, Senin (6/11/2023).

Pada kuartal III/2023, BPS mencatat produksi semen mengalami peningkatan sebesar 3,05 persen secara tahunan.

Selain Kalimantan Timur, pertumbuhan kinerja sektor konstruksi yang tinggi juga tercatat di Riau sebesar 15,89%, Jambi 13,93%, Bangka Belitung 13,90%, dan Kepulauan Riau 13,89% yoy.

Secara keseluruhan, BPS mencatat perekonomian Indonesia pada kuartal III/2023 tumbuh sebesar 4,94% yoy, melambat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,17% yoy.

Pertumbuhan Konstruksi di Kaltim Melonjak 16,26%, Gara-gara Proyek IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper