Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Groundbreaking Lagi Proyek IKN Desember dan Januari, Ini Bocorannya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut, hingga akhir tahun total investasi swasta yang masuk ke IKN telah mencapai Rp45 triliun.
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di IKN, Selasa (25/10/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di IKN, Selasa (25/10/2022) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan sejumlah rencana investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) usai melakukan kunjungan kerja bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

Menteri Basuki menyebut, hingga akhir tahun total investasi yang masuk ke IKN dilaporkan telah mencapai Rp45 triliun.

"Ini scoop [investasi] di IKN saja kemarin sudah ada 10 swasta groundbreaking. Kemudian sebelumnya ada 3 dengan total keseluruhannya yang mulai dipekerjakan sekarang ini Rp45 triliun dari sektor swasta," kata Basuki dalam acara Malam Penganugerahaan Konstruksi Indonesia 2023 di JIExpo Kemayoran, dikutip Minggu (5/11/2023).

Sementara itu, Basuki menambahkan, total anggaran yang telah digelontorkan oleh Kementerian PUPR untuk IKN totalnya lebih dari Rp60 triliun. Anggaran tersebut mencakup pembangunan infrastruktur dasar di IKN dengan total 85 paket.

Basuki juga mengungkapkan, Presiden Jokowi akan kembali bertolak ke IKN untuk melaksanakan proses groundbreaking pembangunan sejumlah proyek swasta pada Desember 2023 dan Januari 2024.

"Desember dan Januari ada groundbreaking lagi dari swasta yang tentu akan berinvestasi di IKN. Beragam konstruksi yang dikerjakan, mulai dari rumah sakit, mal, training center, perkantoran sudah jelas, jalan tol, air minum, air limbah termasuk PLTS," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan setidaknya masih terdapat 8 proyek hingga 9 proyek yang akan melaksanakan peletakan batu pertama pada Desember 2023.

Informasi tersebut disampaikan Jokowi usai melangsungkan 3 proyek groundbreaking di IKN pada hari ini, Rabu (1/11/2023) yakni Bandara Nusantara, Mayapada Hospital, dan proyek pembangunan superblok Pakuwon Nusantara.

"Tadi juga bapak Kepala Otorita sudah sampaikan bulan Desember saya diperintah untuk kesini lagi karena ada groundbreaking sekitar 8-9 (proyek) lagi yang baru," jelasnya di agenda Groundbreaking Pakuwon Nusantara dalam siaran langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, mengacu pada dokumen milik Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), sejumlah perusahaan yang direncanakan akan melaksanakan groundbreaking dalam waktu dekat yakni pembangunan kawasan olahraga berkuda, Pulau Suaka Orang Utan yang bakal dikembangkan oleh Yayasan Arsari, hingga Kebun raya dan reforestasi hutan di IKN.

Dari sektor properti, sejumlah perusahaan swasta yang akan segera menggelar groundbreaking di IKN di antaranya Jambuluwuk Hotel and Resort, The Pakubuwono Development, BSH, hingga Balikpapan Superblok.

Untuk mendukung pengadaan area pusat perbelanjaan, Indogrosir dan Grand Lucky Superstore juga tercatat menjadi peserta groundbreaking di IKN selanjutnya.

Sementara untuk area perkantoran, sejumlah institusi yang diketahui akan melangsungkan groundbreaking pembangunan kantor di IKN yakni Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, dan BPJS Kesehatan.

Di samping itu, OIKN juga mencatat akan segera dilangsungkan groundbreaking proyek homebase Nusantara United Football Club (NUFC) di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper