Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Capai 59,93%, Awal Tahun Depan Selesai

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 dapat selesai pada kuartal I/2024.
Proyek pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76,3 kilometer - Jasa Marga.
Proyek pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76,3 kilometer - Jasa Marga.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 dapat selesai pada kuartal I/2024.

Dikutip dari laman resmi BPJT pada Jumat (3/11/2023), Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini tengah dalam penyelesaian konstruksi khususnya pada Seksi 1 JC Sleman-SS Banyurejo.

Adapun, terkait dengan bangunan Cagar Budaya Padukuhan Pundong 2 Kalurahan Tirtoadi yang terkena Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen saat ini telah dilakukan survei dan peninjauan terkait dengan Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk Relokasi Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saat ini untuk Seksi 1 Yogyakarta - Banyurejo sepanjang 8,8 Km progres konstruksinya telah mencapai 59,93% yang ditargetkan rampung pada Kuartal 1 Tahun 2024 mendatang," sebut informasi dari laman BPJT tersebut.

Untuk Kontruksi Seksi 6 Ambarawa–Bawen Provinsi Jawa Tengah yang saat ini sudah dimulai pelaksanaannya, PT JJB sudah berkordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait Izin memulai konstruksi di wilayah semarang. Saat ini sedang dilakukan Pekerjaan Pembersihan Lokasi Kerja, Timbunan Tanah dan Borpile.

Jalan tol ini akan melintasi 2 Provinsi yaitu, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,80 Km. Nantinya pada Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen juga akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo. Kemudian rencana akan ada 6 Gerbang Tol di Ruas Jalan Tol Yogyakarta – Bawen.

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen memiliki total panjang 75,12 Km terbagi menjadi 6 Seksi yakni Seksi 1 Yogyakarta–Banyurejo sepanjang 8,8 km, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur 15,2 km, Seksi 3 Borobudur–Magelang sepanjang 8,1 km, Seksi 4 Magelang-Temanggung sepanjang 16,6 km, Seksi 5 Temanggung–Ambarawa 21,2 km dan, Seksi 6 Ambarawa-Bawen sepanjang 5,12 km.

Jalan Tol ini diharapkan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Ketika Jalan Tol Yogyakarta-Bawen beroperasi penuh akan mempercepat akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta, yang sebelumnya cukup lama dengan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper