Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lion hingga Garuda Usulkan Kenaikan Tarif Batas Atas, AP II Respons

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II buka suara terhadap usulan sejumlah maskapai penerbangan untuk menaikkan tarif batas atas (TBA).
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II buka suara terhadap usulan sejumlah maskapai penerbangan untuk menaikkan tarif batas atas (TBA). / Dok. Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II buka suara terhadap usulan sejumlah maskapai penerbangan untuk menaikkan tarif batas atas (TBA). / Dok. Angkasa Pura II

Bisnis.com, BANDUNG - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II buka suara terhadap usulan sejumlah maskapai penerbangan untuk menaikkan tarif batas atas (TBA) ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan, usulan dan evaluasi tersebut sah-sah saja, sebab AP II sebagai operator bandara menilai industri aviasi harus sustain dan bisa bertahan di tengah situasi apapun.

“Menurut saya kalau ada usulan dan evaluasi yang berkaitan seperti itu sah-sah saja,” kata Awaluddin dalam diskusi bersama awak media, dikutip Minggu (29/10/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, usulan untuk menaikkan TBA cukup wajar mengingat sektor aviasi kini telah memasuki proses pemulihan usai dihantam oleh pandemi Covid-19 selama dua hingga tiga tahun lamanya. 

Adapun AP II optimistis recovery rate di 2023 untuk 20 bandara yang dikelolanya berada di sekitar 92% hingga 94%. Untuk itu, proses pemulihan ini perlu disikapi bersama-sama oleh operator bandara, maskapai, hingga airnav agar industri aviasi ini tetap sustain.

Kendati demikian, usulan yang diberikan harus berdampak positif terhadap masing-masing pelaku di sektor bandara, maskapai, hingga Airnav.

“Kembali lagi saya setuju dengan konsep pemulihan dari masing-masing pelaku industri, tapi pemulihan yang terintegrasi dan memberikan manfaat buat semua,” ujarnya. 

Menurut catatan Bisnis, Jumat (27/10/2023) Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro Adi menyebut peraturan terbaik TBA tarif tiket pesawat sudah perlu direvisi. Sebab, regulasi terakhir yang diterbitkan oleh pemerintah yakni pada 2019.

Regulasi yang dimaksud yaitu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.20/2019 tentang tata cara dan formulasi perhitungan tarif batas atas penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri. 

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No. 106/2019 tentang tarif batas atas penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Menurutnya, beleid ini perlu direvisi mengingat komponen-komponen perhitungan tarif batas atas seperti bahan bakar dan nilai tukar mata uang telah bergerak signifikan pada periode 2019-2023.

“Kami bisa menentukan harga tiket di kisaran tarif batas atas dan tarif batas bawah, tetapi tidak bisa melebihi. Walaupun kami suffer (menderita) dengan kondisi saat ini, kami akan terus mengajak jajaran Kementerian Perhubungan untuk segera mengkaji regulasi ini,” kata Daniel di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia (GIAA) Irfan Setiaputra. Irfan menyebut, pihaknya telah beberapa kali melakukan diskusi dengan pemerintah dan sejumlah pihak terkait untuk membahas usulan kenaikan TBA tiket pesawat.

“KIta ada beberapa kali diskusi mengenai ini [TBA]. Ada beberapa rute yang menurut kami perlu dinaikkan TBA-nya,” jelas Irfan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper