Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Bakal Resmikan 2 Ruas Tol dalam Waktu Dekat, Mana Saja?

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bahwa Presiden Jokowi akan meresmikan dua ruas jalan tol baru dalam waktu dekat.
Proses eksekusi tanah di ruas tol Cinere-Serpong di Jalan Raya Ciputat Serpong pada Selasa (5/2/2020)./Bisnis-Hendri T. Asworo
Proses eksekusi tanah di ruas tol Cinere-Serpong di Jalan Raya Ciputat Serpong pada Selasa (5/2/2020)./Bisnis-Hendri T. Asworo

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dua ruas jalan tol baru dalam waktu dekat.

Basuki memerinci sejumlah agenda kunjungan kerja yang akan dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia itu yang akan dimulai pada Rabu (25/10/2023) ke Sumatra Barat (Sumbar) dan Kamis (26/10/2023) ke Palembang, Sumatra Selatan.

Menurutnya, dalam sisa 1 tahun masa pemerintahannya, Presiden Ke-7 RI itu akan terus mendorong proyek infrastruktur. Adapun, dalam waktu dekat ada dua ruas tol baru yang akan diresmikan oleh Jokowi.

Kedua ruas jalan tol yang akan diresmikan itu, yakni Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,50 km yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan Jalan Tol Cinere-Serpong yang menghubungkan Tangerang Selatan dengan Depok.

“Mungkin hari Kamis nanti [meresmikan] dari Palembang-Prabumulya. Kan hari Kamis beliau [Jokowi] ke sana,” ujarnya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (23/10/2023)

Dikutip melalui laman resmi Kementerian PUPR, Jalan Tol Prabumulih-Indralaya sepanjang 64,5 km sebenarnya telah dioperasikan tanpa tarif sejak 30 Agustus 2023. Adapun, infrastuktur itu merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim dengan total panjang mencapai sekitar 119 km.

Proyek tersebut terbagi menjadi dua seksi, yakni seksi 1 Prabumulih-Simpang Indralaya sepanjang 64,5 Km dan seksi 2 Prabumulih-Muara Enim sepanjang 54,5 Km.

Jalan tol tersebut melewati wilayah Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim, dan Kota Prabumulih yang dilengkapi dua Simpang Susun, 1 Gerbang Tol, dan 2 Rest Area Tipe A. Pada ruas tol yang dirancang untuk kecepatan 100 km per jam itu juga terdapat 18 jembatan.

Lebih lanjut, Basuki menegaskan bahwa selain ruas tol di Trans Sumatra, Jokowi juga dijadwalkan akan meresmikan Tol Serpong-Cinere. Ruas tol sepanjang 8,8 km itu sudah selesai dibangun, tetapi memang belum dioperasikan dan diresmikan.

“Kalau Serpong-Cinere saya kira sudah [rampung] 8,8 km itu, sebetulnya bisa buka [dulu] saja ngtak apa-apa kan? [Untuk diresmikan], ya nanti akan dilaporkan dulu Selasa (24/10) besok, tetapi yang pasti yang Kamis (26/10/2023) meresmikan yang Prabumulih. Karena kan [Jokowi] Rabu ke Sumbar, Kamis ke Palembang,” pungkas Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper