Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Logistik Nasional, Infrastruktur & Regulasi Jadi Kunci

Perbaikan infrastruktur pendukung dan kontinuitas kebijakan menjadi faktor kunci untuk mendukung pengembangan sektor logistik Indonesia.
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni
Ilustrasi aktivitas bisnis angkutan barang Pelni. /Dok. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembangan infrastruktur pendukung dan kontinuitas kebijakan menjadi beberapa hal yang perlu dilakukan pemerintah untuk terus mengembangkan sektor logistik Indonesia.

Direktur Utama PT Samudera Indonesia Logistik Kargo Yudi Riyadi memaparkan, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan sektor logistik nasional. Pertama, adalah perbaikan dan pengembangan infrastruktur.

Yudi berharap pemerintah terus melakukan investasi pembangunan infrastruktur penunjang kegiatan logistik seperti pelabuhan, jalan raya, kereta api, dan lainnya. Investasi ini dinilai akan berimbas positif terhadap kelancaran arus distribusi barang.

“Dengan kelanjutan investasi ini, kita bisa membangun skala ekonomi yang baik sehingga perusahaan pelayaran pun nantinya juga dapat meningkatkan pelayanan, baik dari sisi rute maupun frekuensi,” kata Yudi dalam acara Peningkatan Kinerja Logistik melalui Utilisasi Layanan National Logistics Ecosystem, Selasa (10/10/2023).

Selain itu, Yudi juga menekankan perlunya konsistensi dan pengawasan implementasi regulasi. Yudi mengatakan, saat ini upaya-upaya pemerintah dalam mengembangkan sektor logistik seperti National Logistics Ecosystem (NLE) sudah membantu sektor pelayaran karena kecepatan dan akurasi pelayanan.

Dia menuturkan, implementasi kebijakan-kebijakan yang sudah ada perlu dilakukan diawasi secara berksesinambungan. Hal ini agar perbaikan sistem logistik nasional bisa berjalan secara kontinu.

Lebih lanjut, peningkatan koordinasi antara sektor industri dan pemerintah juga perlu dilakukan. Yudi menerangkan, kolaborasi aktif antara perusahaan pelayaran dan pemerintah akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kebijakan pengembangan sistem logistik nasional.

Yudi menambahkan, kolaborasi antara pihak swasta seperti perusahaan pelayaran dan pemerintah salah satunya dapat dilakukan dengan memberdayakan pelaku usaha tersebut. Dia mengatakan, kerja sama antara perusahaan dan pemerintah dapat meningkatkan peran sektor swasta dalam pengembangan infrastruktur dan inovasi pendukung logistik.

Selain itu, sinergi antara pihak swasta dan pemerintah juga perlu ditingkatkan. Yudi menuturkan, contoh sinergi ini adalah dukungan perusahaan swasta untuk mengimplementasikan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam upayanya meningkatkan logistik nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper