Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PNS Harus Tahu! Kemenkeu Kenalkan ALCO untuk Pantau Belanja APBN & APBD per Bulan

Forum Assets Liabilities Committee (ALCO) Regional dirancang untuk memaparkan pencapaian APBN dan APBD setiap bulannya.
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020)/Jaffry Prabu Prakoso-Bisnis.
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam media briefing, Senin (12/10/2020)/Jaffry Prabu Prakoso-Bisnis.

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Keuangan mendorong program Forum Assets Liabilities Committee (ALCO) Regional berjalan rutin di daerah sebagai ajang penyampaian realisasi belanja dan penerimaan APBN dan APBD per wilayah yang diselenggarakan setiap bulan.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di sela-sela acara Dialog Assets Liabilities Committee (ALCO) Regional Kalimantan Selatan yang digelar di Banjarmasin, Jumat (29/9/2023). 

Suahasil menegaskan melalui APBNKita, pemerintah pusat telah terlebih dahulu menunjukkan model menyampaikan sekaligus mempublikasikan pelaksanaan APBN setiap bulan kepada masyarakat secara terbuka. Dia berharap pelaksanaan APBN yang akan dipublikasikan oleh Kementerian Keuangan itu tidak hanya dari pemerintah pusat saja, tetapi juga APBD oleh pemerintah daerah secara transparan.

"Program ini sangat baik sekali untuk keterbukaan informasi publik dan supaya bisa ditindaklanjuti oleh pihak terkait," tutur Suahasil dalam keterangan resmi di Jakarta, dikutip Minggu (1/10/2023).

Secara mekanisme, Suahasil menjelaskan bahwa ALCO tingkat pusat bakal diturunkan kepada unit Kemenkeu di daerah melalui ALCO regional yang merupakan bagian dari inisiatif Regional Chief Economist (RCE). 

Kemudian, Tata kelola ALCO regional dilaksanakan secara terintegrasi melalui sinergi instansi vertikal Kemenkeu di daerah dalam kerangka Kemenkeu.

"Kita secara nasional ingin memastikan bahwa apa yang kita baca di tingkat pusat untuk keseluruhan Indonesia, itu kemudian terhubungkan, terkoneksi dengan apa yang terjadi di masing-masing provinsi,” katanya.

Dia berharap ALCO Regional bisa jadi instrumen untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antar unit vertikal semua Kementerian Keuangan Daerah untuk memantau kondisi perekonomian dan pelaksanaan APBN serta APBD.

“Kita harapkan ALCO Regional ini terus dilakukan secara konsisten, secara sistematis, dan kemudian mendapatkan kredibilitas sebagai salah satu event bulanan yang dilakukan dengan disiplin, sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper